Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Jaringan Yakuza Dicurigai Berada di Balik Kejahatan Online di Indonesia

Jaringan Yakuza Dicurigai Berada di Balik Kejahatan Online di Indonesia

Para pelaku kejahatan online asal China yang berhasil dibongkar Polda Metro Jaya di Jakarta
Para pelaku kejahatan online asal China yang berhasil ditangkap Polda Metro Jaya dalam sebuah penggerebekan di kawasan Ancol dan Lebak Bulus

Kepala Polda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian menduga kelompok Yakuza Jepang mengendalikan sindikat penipu asal Taiwan dan Tiongkok yang beroperasi di Indonesia melalui jaringan online. Kejahatan ini dilakukan kelompok mafia dengan sasaran operasi korban di China daratan dan Taiwan. Mereka melakukan aksinya di Indonesia agar lebih aman dan tidak terpantau para korban.

Namun berkat kerjasama interpol,  jaringan mafia penipuan online ini sudah banyak yang terbongkar. Polisi, antara lain berhasil membongkar kejahatan mereka di Medan, Jakarta dan Surabaya.

Baru-baru ini Polda Metro Jaya berhasil membongkar operasional kelompok ini dalam sebuah penggerebekan di wilayah Ancol Jakarta Utara dan Lebak Bulus Jakarta Selatan, Kamis (20/8). Sebanyak 96 warga Taiwan dan China diringkis dalam operasi tersebut. Polisi menemukan sejumlah uang di lokasi itu, lengkap dengan peralatan dan jaringan internet.

Hasil penelusuran polisi, diduga mafia kejahatan internasional itu dimotori oleh kelompok yakuza Jepang.  “Dugaan keterlibatan kelompok Yakuza ini berdasarkan hasil kerja sama penyelidikan yang dilakukan kepolisian Taiwan dan Tiongkok,” kata  Tito Karnavian di Jakarta, Jumat. Tito mengungkapkan kelompok Yakuza itu beroperasi di wilayah Tiongkok, Taiwan, Jepang dan Indonesia.

Kepolisian Taiwan sempat meringkus delapan anggota kelompok kejahatan itu dengan menyita sepucuk “handgun”, sejumlah uang mata uang Yen, Bath dan Dolar AS berniliai miliaran dan perhiasan berlian, serta emas. Para tersangka itu direkrut pelaku kejahatan dari Taiwan termasuk kelompok yang telah beroperasi di Indonesia.

Tito menuturkan kelompok internasional itu terindikasi menipu secara online dan terlibat perdagangan manusia, pencucian uang dan kejahatan antarnegara.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Krishna Murti menambahkan kelompok Yakuza merupakan sindikat kejahatan yang terorganisir lintas negara. “Perekrutnya warga Taiwan yang melindunginya organisasi Yakuza dari Jepang,” tutur Krishna.

Warga Taiwan itu merektur orang Tiongkok daratan yang bekerja dengan bantuan Warga Indonesia untuk melakukan aksi penipuan terhadap warga sesama Taiwan dan Tiongkok. “Petugas telah menangkap perekrutnya, warga Taiwan CN dan fasilitatornya warga Indonesia WH,” ujar Krishna.- Ant

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...