Home / Bisnis / Jepang Marah Proyek Kereta Cepat Ditolak Indonesia, Gertak Sambal?

Jepang Marah Proyek Kereta Cepat Ditolak Indonesia, Gertak Sambal?

Pemerintah Jepang mengancam akan mengevaluasi seluruh kerja sama ekonominya dengan Indonesia, hingga mencabut investasinya di Indonesia.

Jepang Marah Kereta Cepat Jakarta Bandung

Jika ancaman ini benar, Indonesia patut waspada. Pasalnya menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jepang merupakan negara dengan rasio realisasi investasi paling tinggi di Indonesia yaitu sekitar 62 persen.

Pada semester-I 2015, total realisasi investasi Jepang di Indonesia berada di peringkat ketiga sebesar 1,6 miliar dollar AS atau 11,3 persen dari total realisasi investasi penanaman modal asing (PMA). Posisi pertama ditempati Malaysia dengan 2,6 miliar dollar AS, sementara posisi kedua ditempati investor Singapura dengan 2,3 miliar dollar AS.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Sofyan Djalil mengakui kekecewaan Pemerintah Jepang tersebut. Pekan lalu, Sofyan telah diutus oleh Presiden Joko Widodo untuk bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Jepang Taro Aso.

Sofyan telah menjelaskan kepada Pemerintah Jepang bahwa keputusan pemerintah RI soal kereta api cepat didasari oleh pertimbangan rasional. Pemerintah Indonesia juga menyampaikan komitmen untuk tetap melanjutkan kerja sama ekonomi dengan Jepang.

 

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...