Home / Headline / Jika Terbukti, Jokowi Bisa Seret Setya Novanto ke Polisi

Jika Terbukti, Jokowi Bisa Seret Setya Novanto ke Polisi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa saja menyeret Setya Novanto ke pihak kepolisian apabila terbukti mencatut namanya terkait negosiasi perpanjangan kontrak dengan PT Freeport Indonesia.

Jika Terbukti, Jokowi Bisa Seret Setya Novanto ke Polisi

Seperti yang diketahui jika Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said melaporkan politikus Senayan berinisial SN yang diduga Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan DPR karena diduga mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pencatutan nama pimpinan negara itu terkait negosiasi perpanjangan kontrak dengan PT Freeport Indonesia. Melihat situasi ini Politikus Partai Golkar, Bowo Sidik Pangarso mengatakan jika hal tersebut terbukti maka Jokowi bisa turun tangan.

“Ini jika SN itu benar terbukti mencatut nama Presiden, maka Presiden harus memerintahkan SN meminta maaf kepada semua rakyat Indonesia karena telah melecehkan simbol negara dengan mencatut namanya tersebut” ungkap Bowo, Selasa (17/11/2015).

Selain meminta maaf, Bowo menilai Jokowi bisa melaporkan SN ke polisi karena adanya unsur penyalahgunaan wewenang. Sebab seperti yang dilaporkan Sudirman Said, politisi pencatut nama Presiden dan Wakil Presiden meminta ‘jatah’ saham yang nantinya diberikan untuk pimpinan negara.

“Harus dibawa ke ranah hukum, karena ini praktik kolusi. Saham yang harusnya utuh masuk ke negara nanti jika itu benar terbukti SN melakukan itu, kan sahamnya bisa masuk ke orang per orang ini kan jelas merugikan negara” tambah Bowo, seperti yang dilansir Liputan6.

Namun demikian, anggota Komisi VIII DPR ini tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah terhadap SN. Sebaliknya kata dia jika tudingan Menteri ESDM Sudirman Said terhadap SN tidak terbukti, Sudirman Said harus bertanggung jawab atas perbuatannya tersebut.

Baca Juga

Dana Bantuan Pendidikan Dihentikan, Siswa Miskin Brebes Kebingungan

Kartu Brebes Cerdas/KCB (Foto: Imam Suripto/detikcom) Brebes – Program bantuan pendidikan siswa miskin dari Pemkab ...