Home / Berita / Nasional / JK : Wajar, Masjid Indonesia Terbanyak di dunia

JK : Wajar, Masjid Indonesia Terbanyak di dunia

jk meresmikan masid

Hari Minggu (31/5) Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan Masjid Besar Baitul Makmur di Bintan, Kepulauan Riau. Turut hadir dalam peresmian ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pariwisata Aief Yahya, serta Gubernur Kepulauan Riau HM Sani dan Bupati Bintan Anshar Ahmad.

Pada kesempatan tersebut, JK mengklaim bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah masjid terbanyak di dunia.

“Di Indonesia ini negara dengan masjid terbanyak di dunia. Kenapa itu wajar saja karena Indonesia itu Negara Islam terbesar di dunia,” ujar Kalla

Ditambahkan olehnya, jumlah masjid di Indonesia lebih banyak dibandingkan dengan jumlah masjid Saudi karena wilayah Indonesia lebih luas dibandingkan dengan Saudi. Meskipun jumlah warga negara beragama Islam di Indonesia hanya kurang lebih 80 persen.

“Walaupun Saudi 100 persen Islam tapi penduduknya hanya 25 juta. Kita 88 persen penduduk Islam, dari 250 juta penduduk tentu masjid di sini bisa lebih banyak dari masjid Saudi,” ujar JK.

Jusuf Kalla juga menceritakan sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia bahwa di dunia hanya ada dua Negara yang masjidnya dikelola masyarakat, yakni Indonesia dan Pakistan. Namun pengelolaan masjid di Indonesia lebih demokratis.

Di luar dua negara itu, katanya, pembangunan masjid diatur dan dilakukan pemerintah negara setempat.

“Di Saudi, Kuwait, Iran, semua masjid dibangun pemerintah atau diatur pemerintah. Dampaknya yang muncul (jika masjid dikelola masyarakat) adalah keikhlasan masyarakat membangun masjid. Banyak juga masjid yang jadi lebih demokratis,” kata Kalla.

JK kemudian member contoh bagaimana pengelolaan masjid di Malaysia. Menurutnya, ceramah pada masjidmasjid di negara tetangga tersebut cenderung menyelipkan puji-pujian bagi pemerintahnya. Khotbah setelah memuji Allah, kedua langsung mengangkat Sultan dan Raja.

Kalau kita, lanjutnya, kadang-kadang ada yang muji Bupati, Gubernur, tapi kadang juga yang langsung mencela. Itu bedanya, lebih demokratis.

Mengenai pembangunan masjid di Bintan, Wapres berpesan agar pemerintah setempat tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dalam membangun. Dirinya tidak ingin pembangunan masjid atau bangunan lainnya mengorbankan lahan hutan yang dilindungi.

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...