Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Jokowi Izinkan Wartawan Asing Masuk Papua, Ini Komentar Fahri Hamzah

Jokowi Izinkan Wartawan Asing Masuk Papua, Ini Komentar Fahri Hamzah

Jokowi Izinkan Wartawan Asing Masuk Papua, Ini Komentar Fahri Hamzah

Jokowi Wartawan Asing Masuk Papua. Langkah Presiden Joko Widodo yang memberikan izin kepada wartawan asing untuk masuk ke Papua, dikomentari beragam. Salah satunya Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah. Namun Fahri mendukung keputusan Jokowi yang memberikan izin kepada wartawan asing untuk meliput di kawasan Papua.

Seperti yang diketahui jika Presiden Joko Widodo akhirnya menyatakan sikap soal kecaman dan kritik ihwal pembatasan akses peliputan bagi awak media asing di tanah Papua. Dalam kunjungannya di Provinsi Papua, Jokowi mengizinkan wartawan asing bebas masuk ke Papua guna melakukan peliputan.

Jadi untuk wartawan asing, mulai hari ini sudah kita bolehkan. Kita bebaskan untuk bisa masuk ke Papua sama seperti ke provinsi-provinsi lain” ungkap Presiden Jokowi di sela-sela acara Panen Raya di Merauke, seperti dilansir dari Antara pada Minggu (10/5).

Menurut Fahri Hamzah alasan dari Presiden Jokowi masuk akal mengingat keadaan di Papua sudah kondusif. “Ya, sepakat tentang keyakinannya terhadap keputusan Jokowi bahwa situasi keamanan nasional sudah kondusif” ungkap Fahri di Gedung DPR Jakarta, Senin (11/5).

Selain itu kata Fahri diizinkannya jurnalis asing meliput di provinsi yang identik dengan Burung Cendrawasih itu, masyarakat dunia dapat mengetahui keadaan Papua memang tak lagi sarat dengan konflik. Lebih dari itu hal ini akan menunjukkan Papua juga mengenal istilah kebebasan pers.

Banyak masyarakat luar tidak tahu, izin dari jokowi membuat mereka tahu Papua aman” tambahnya.

Di lain pihak Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan pemerintah memang telah menyatakan Papua tidak lagi tertutup bagi wartawan asing. Namun wartawan asing boleh masuk dengan syarat tidak memberitakan fitnah.

Meski begitu menurut Tedjo, wartawan asing hendak meliput di Papua wajib mematuhi persyaratan. Yakni mereka boleh meliput tentang apa saja yang dilihat, tapi tidak boleh mencari data-data dan pendapat dari kelompok bersenjata lain. Tedjo juga mengatakan wartawan asing itu harus minta izin terlebih dulu dan pihaknya tetap akan melakukan ‘screening’ (seleksi).

Biar kita tidak disalahkan jika mereka ke tempat-tempat yang terlarang” tegas Tedjo.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...