Home / Berita / Nasional / Jokowi Lantik Budi Gunawan Jadi Kapolri, 5 Orang di Ring 1 Presiden Bisa Mundur!

Jokowi Lantik Budi Gunawan Jadi Kapolri, 5 Orang di Ring 1 Presiden Bisa Mundur!

“Kalau presiden ngotot BG, mereka mundur. Jika mereka mundur, maka akan krisis politik. Power mereka lebih dari menteri” ungkap Hermawan Sulistyo.

Jokowi Lantik Budi Gunawan Jadi Kapolri, 5 Orang di Ring 1 Presiden Bisa Mundur!

Pergantian Kapolri memang menjadi perhatian masyarakat. Pengamat kepolisian, Hermawan Sulistyo mengungkapkan jika pencalonan Budi Gunawan (BG) yang pernah gagal menjadi kapolri berpotensi menimbulkan pertentangan dan kegaduhan di Istana Negara dan DPR.

Informasi yang diperolehnya, lima orang pembantu atau Ring 1 Presiden akan mengundurkan diri jika Jokowi memaksakan mengajukan BG sebagai kapolri. Namun Hermawan menolak siapa saja lima orang Ring 1 Presiden Jokowi yang akan mundur tersebut.

“BG memenuhi syarat normatif karena sudah lulus fit and proper test di DPR. Hanya saja potensi ini gaduh lagi nggak? Lalu, apakah lima pembantu presiden ini mau bekerjasama? Apa mereka tidak akan mundur? Saya kok pesimis”

“Karena saya teman-teman orang ini. Kalau presiden ngotot BG, mereka mundur. Jika mereka mundur, maka akan krisis politik. Power mereka lebih dari menteri” ungkap Hermawan, Jumat (10/6/2016).

Menurut Hermawan, Presiden Jokowi bakal diuji dalam pergantian Kapolri Jenderal Badrodin Haiti yang pensiun 24 Juli 2016 atau genap 58 tahun. Pergantian kapolri kali ini tidak sebatas pemenuhan kriteria si calon, melainkan faktor akseptibilitas calon di lingkaran Istana Negara dan DPR.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...