Home / Headline / Jokowi Pakai Sarung dan Sandal Selop Buka Muktamar NU di Jombang

Jokowi Pakai Sarung dan Sandal Selop Buka Muktamar NU di Jombang

nu-jokowi_20150802_003408

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Muktamar ke-33 NU di GOR Merdeka Alun-alun Jombang, Jawa Timur, Sabtu (1/8) malam.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan,”Dengan penuh rasa gembira, saya menyambut Muktamar NU. NU sebagai organisasi yang besar mampu menjaga Indonesia dan tetap menjadi Indonesia.”

Ditambahkan oleh Jokowi, bahwa sejarah mencatat 26 tokoh NU turut membidani berdirinya Indonesia. Lantaran itulah, wajar bila NU sebagai penjaga kesatuan bangsa.

“NU wajar kalau menjadi garda terdepan kesatuan dan persatuan bangsa,” pungkas Jokowi.

Dalam pembukaan acara Muktamar NU tersebut, ada yang menarik dari penampilan Presiden Joko Widodo yang tak diduga panitia Muktamar maupun para undangan. Jokowi malam itu dengan datang mengenakan jas hitam yang dipadu dengan sarung merah tua serta bersandal selop.

“Sarung ini kemarin dibelikan isteri saya,” ungkap Jokowi.

Menurutnya, isterinya lah yang menyarankan agar memakai sarung saat pembukaan Muktamar NU di Kota Santri tersebut. “Pak, besok di Muktamar NU pakai sarung ya,” tutur Jokowi menirukan ucapan Iriana, sang istri.

Ditambahkan oleh Jokowi, penampilannya itu juga dipuji bekas Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri yang datang di pembukaan Muktamar. Akan tetapi untuk alasan berbeda. Keduanya bertemu pertama kali di hotel.

“Dik, sarungnya bagus. Bagus warnanya,” ungkap Jokowi menirukan perkataan Mega.

Muktamar NU ke-33 sendiri akan berlangsung pada 1-5 Agustus 2015 dimana menempati lima lokasi. Selain Alun-Alun Jombang yang menjadi lokasi utama, para peserta akan tersebar di empat pondok pesantren yakni Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif di Desa Denanyar, Kecamatan Jombang; Tebuireng di Desa Cukir, Kecamatan Diwek; Bahrul Ulum di Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang; dan Darul Ulum di Desa Rejoso, Kecamatan Peterongan.

 

 

Baca Juga

Owi/Butet dan Angga/Ricky Lolos ke Empat Besar

Odense – Dua wakil Indonesia lolos ke semifinal Denmark Terbuka Super Series Premier. Mereka adalah ...