Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Jokowi Percaya Penuh, Pansel Yakin Tak Bisa diintervensi

Jokowi Percaya Penuh, Pansel Yakin Tak Bisa diintervensi

jokowi pansel kpk

Presiden Joko Widodo hari Senin (25/5) ini akhirnya bertemu pertama kali dengan seluruh ‘srikandi’ Pansel KPK di Istana Merdeka, Jakarta. Ke-9 Pansel yang hadir seperti Destry Damayanti M.Sc, Dr Enny Nurbaningsih SH, Prof Dr Harkristuti Harkrisnowo SH LLM, Ir Betti S Alisjahbana MBA, Dr Yenti Garnasih SH MH, Supra Wimbarti M.Sc Ph.D, Natalia Subagyo M.Sc, Dr Diani Sadiawati SH LLM, Meuthia Ganie Rochman Ph.D

“Saya ingin menyampaikan, saya memberikan kepercayaan penuh kepada Pansel,” kata Jokowi.

Ditegaskan olehnya, tidak akan mengganggu apa yang sudah bakal direncanakan oleh pansel. Dia menyerahkan sepenuhnya urusan pemilihan kepada pansel agar bisa mendapatkan Pimpinan KPK.

“Memilih pimpinan KPK yang kredibel berintegritas dan dipercaya masyarakat,” tegas Jokowi.

Sementara itu Jubir Pansel Betti S Alisjahbana usai bertemu Presiden Jokowi mengatakan kalau Pansel KPK akan segera bekerja mencari calon pimpinan lembaga antirasuah tersebut. Pansel menjamin akan bebas dari intervensi dalam mencari kandidat capim KPK.

“Salah satu alasan kenapa kami dipilih karena kami bersembilan ini independen, jadi insya Allah kami tidak bisa diintervensi,” ungkap Betti S Alisjahbana

Sesuai dengan UU KPK, lanjut Betti, proses pemilihan ini perlu transparan, jadi kami akan secara teratur memberikan update. Jadi sesuatu yang kelihatan itu akan lebih susah diintervensi. Kami juga akan membuat Code of Conduct(COC) untuk mecegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Terkait kekhawatiran tidak menguasai permasalahan KPK karena latarbelakang Pansel yang beragam, hal ini langsung ditepis.

“Kita wajah baru, apakah kita tahu KPK? Jadi satu hal, sebelum kita memulai kita akan banyak mendengar. Jadi kita akan mengundang beberapa pihak, baik itu pansel lama untuk berbagi pengalaman. Kita juga akan undang KPK, Kejaksaan dan Kepolisian untuk member masukan sehingga kita memiliki pemahaman yang komprehensif,” kata Betti.

Juga, sambungnya, di sini bukan orang-orang baru juga. Masing-masing dari kita punya background dan exposure masalah korupsi dari berbagai aspek dan saya rasa itu sebabnya tim ini dipilih.

Selain itu, Pansel direncanakan juga akan melibatkan PPATK untuk mencari capim lembaga antirasuah tersebut.

“Iya tentu, kami menginginkan calon pimpinan KPK yang berintegritas, kredibel. Jadi kita akan melibatkan beberapa pihak untuk melakukan tracking. Bisa jadi PPATK, dan ada beberapa cara lain untuk tracking tersebut,” jelas Betti

“Mudah-mudahan tugas ini bisa kita dilaksanakan sebaik-baiknya dan kita bisa mendapatkan calon pimpinan KPK yang kredibel, mampu membangun KPK menjadi institusi yang berwibawa dan mampu melakukan pemberantasan korupsi dengan efektif,” ujarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...