Home / Berita / Nasional / Jokowi, Presiden RI yang Pertama Lakukan Kunjungan Resmi ke Belanda Dalam Kurun 16 Tahun Terakhir ini

Jokowi, Presiden RI yang Pertama Lakukan Kunjungan Resmi ke Belanda Dalam Kurun 16 Tahun Terakhir ini

jokowi90

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mengunjungi Pelabuhan Rotterdam di Negeri Belanda yang dikenal sebagai pelabuhan tertua dan tersibuk di dunia.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya di Den Haag, Jumat, mengungkapkan bahwa kunjungan ke pelabuhan akan dilakukan usai pertemuan dengan Perdana Menteri Belanda.

Seperti dikutip dari Antara, Menurut Ari, disamping melakukan peninjauan kompleks pelabuhan, Presiden Jokowi juga akan berbicang dengan 20 CEO dari perusahaan Belanda yang terkait dengan kemaritiman dan manajemen pengelolaan air yang merupakan keunggulan Belanda.

Sementara pada Jumat siang waktu setempat, Presiden Jokowi akan menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Belanda di Grand Hotel Amrath Kurhaus.

Di dalam forum bisnis itu, diperkirakan akan hadir 15 CEO perusahaan terkemuka Belanda. Forum bisnis Belanda-Indonesia akan menghasilkan sejumlah komitmen kurang lebih senilai 601,2 juta dolar Amerika Serikat.

Sementara itu mengutip pernyataan dari Menlu Retno Marsudi, Ari menuturkan setelah 16 tahun sejak Presiden Republik Indonesia Abdurrahman Wahid mengunjungi kerajaan Belanda pada tahun 2000, pada Jumat ini, Presiden Jokowi adalah Presiden yang pertama ke negeri kincir angin untuk melakukan kunjungan resmi.

Adapun agenda kunjungan Presiden di Belanda akan fokus pada G to G (government to government). Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Belanda, Raja Belanda, dan juga Ratu Maxima namun dalam kapasitasnya sebagai United Nations Advisor untuk masalah ekonomi inklusif.

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...