Home / Berita / Politik / Jokowi Tak Terpengaruh Isu Interpelasi Terkait KJS

Jokowi Tak Terpengaruh Isu Interpelasi Terkait KJS

Jokowi Tak Terpengaruh Isu Interpelasi Terkait KJS
Jokowi (detik.com)

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan dirinya tidak terpengaruh ataupun merasa khawatir atas isu interpelasi terkait KJS yang akan diajukan oelh DPRD kota Jakarta. Sebagaimana yang kita tahu, carut marut pengdaan KJS membuat sekitar 30 anggota DPRD Jakarta berniat emngajukan hak interplasi terhadap gubernur Jokowi. Disebutkan bahwa setidaknya 4 dari 8 fraksi yang duduk di DPRD Jakarta ingin menggunakan hak iterpelasi kepada gubernur Jokowi untuk meminta penjelasan terkait soal KJS. KJS adalah salah satu program andalan yang diusung oleh Jokowi dan Ahok yang banyak mendapat dukungan dari masyarakat serta mendapat sambutan yang cuukup baik. Bisa dibilang bahwa program KJS adalah yang berhasil membuat Jokowi dan Ahok untuk mendapatkan hati masyarakat Jakarta saat kampanye pemilihan gubernur tahun lalu. Namun pada praktiknya kini, KJS  menjadi carut marut seiring beberapa rumah sakit yang tergabung dalam program ini memustuskan untuk mengudurkan diri. Menurut pihak rumah sakit, pemda telah berhutang sekian milyar rupiah terkait KJS ini. Sementara itu masyarakat juga mengeluhkan prosedur KJS yang terkadang dipersulit oleh sebagian pihak.

Pendapat tersebut diatas menjadi alasan sebagain besar anggota dewan mengajukan hak interpelasi mereka. Namun anggota dewan ini mebantah isu interpelasi dimaksudkan untuk memakzulkan gubernur Jakarta Joko Widodo. Demokrat, Golkar, Hanura-Partai Damai Sejahtera, PAN-PKB, dan PPP sepakat bahwa KJS sudah tidak tepat sasaran dan memperbruk pelayan kesehatan di Jakarta. Sementara itu ketika ditanya oleh wartawan terkait isu iterpelasi ini Jokowi mengatakan tidak khwatir dan terpengaruh. Saat di temui di bandara Halim Perdana Kususma 27 Mei lalu Jokowi mengatakan bahwa interpelasi adalah hak anggota hewan. “Biasa saja, orang diinterpelasi itu ditanya. Tidak masalah, wong kita bisa menjelaskan,”imbuhnya kemudian. Jokowi sendiri mengatakan bahwa dirinya telah turun langsung ke lapangan untuk meninjau dan bertemu dengan pihak dari 16 rumah sakit yang kabarnya mengundurkan diri dari program KJS ini. Gubernur DKI Jakarta ini kemudian mengatakan tidak ada masalah serius dengan pihak rumh sakit-rumah sakit tersebut dan program KJS akan berjalan terus.

Sebelumnya ada isu yang mengatakan bahwa interpelasi KJS ini dimaksudkan untuk memakzulkan gubernur Jokowi. Namun baik anggota DPRD Jakarta dan Jokowi sendiri membantah akan isu tersebut

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...