Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Jokowi Tunjuk Calon Dubes dari Relawan dinilai Sudah Berlebihan dan Tidak Etis

Jokowi Tunjuk Calon Dubes dari Relawan dinilai Sudah Berlebihan dan Tidak Etis

surat dubes baru45

Seperti diketahui, Komisi I DPR telah menerima 33 nama calon Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk negara-negara sahabat yang diserahkan oleh pemerintah. Dari sebanyak 33 nama tersebut ternyata ada beberapa nama merupakan relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam Pemilu 2014.

Menurut Wakil Ketua Komisi I DPR Tantowi Yahya, ia mengaku prihatin dengan hal tersebut. Menurutnya, tidak elok posisi Dubes dijadikan ajang balas budi.

“Kami prihatin jika balas budi untuk relawan pendukung Jokowi-JK dibalas dengan posisi yang strategis sepertu dubes. Jabatan Dubes tidak sama dengan jabatan komisaris di BUMN,” ungkap Tantowi.

Dari pengamatan Tantowi, kriteria Dubes yang diajukan harusnya sesuai dengan undang-undang (UU). Segala ucapan dan tindak tanduknya haruslah sesuai dengan tiga entitas yang diwakilinya, yakni wakil rakyat, negara dan presiden.

“Oleh karenanya seorang yang dipercaya untuk menjadi Dubes adalah dia yang menguasai segala permasalahan bangsa dan mempunyai kecakapan komunikasi agar dapat menjadi wakil bangsa yang baik sekaligus dapat mengambil sebanyak mungkin keuntungan dari negara akreditasi untuk kepentingan bangsa dan negara kita,” kata Tantowi.

Ditambahkan olehnya, setelah eksekusi hukuman mati para pengedar narkoba dan penenggelaman kapal-kapal pencuri ikan, posisi Indonesia menjadi tidak mudah. Sekarang ini Indonesia membutuhkan Dubes yang benar-benar mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis dan keluar dari posisi kritis.

“Terus terang ada keraguan kami di Komisi I terhadap beberapa calon yang diajukan mengingat pengalaman dan pengetahuan mereka yang minim tentang geo politik dan diplomasi,” imbuhnya.

Dari 33 nama tersebut terdapat nama-nama calon Dubes RI berasal dari kalangan politisi parpol pendukung pemerintah atau bekas relawan Jokowi-JK di Pilpres 2014 lalu, seperti Alexander Litaay (PDIP) untuk Republik Kroasia, Helmy Fauzi (PDIP) untuk Republik Mesir, Husnan Bey Fananie (PPP kubu Romi) untuk Azerbaijan, Diennaryati Tjokrisuprihatono (NasDem) untuk Republik Ekuador, Marsekal Madya TNI (Purn) Budhy Santoso (PKPI) untuk Republik Panama.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...