Home / Olahraga / Balap / Juara MotoGP Republik Ceko, Pembalap ini Ciptakan Sejarah baru buat Inggris

Juara MotoGP Republik Ceko, Pembalap ini Ciptakan Sejarah baru buat Inggris

Cal Cruthlow77

Balapan Seri GP Republik Ceko menjadi kepunyaan pembalap-pembalap Inggris. Disamping Cal Cruthlow yang mematahkan penantian 35 tahun, dia dua kelas lain rider Inggris juga tampil oke.

Cal Crutchlow membuat kejutan besar ketika saat menjuarai MotoGP Republik Ceko. Walau pada awal balapan sempat terpuruk ke luar 10 besar, berkat pertaruhan dalam pemilihan ban dia bisa bangkit di separuh terakhir balapan dan perlahan-lahan naik hingga akhirnya finis tujuh detik lebih di depan Valentino Rossi yang jadi runner up.

Ini adalah kemenangan pertama Crutchlow sejak dia turun di MotoGP pada 2011 lalu. Pembalap asal berusia 30 tahun itu juga membuat sejarah baru dengan menjadi pembalap Inggris pertama yang memenangi kelas rajanya balapan motor dalam 35 tahun terakhir. Seperti diketahui kalau Pembalap Inggris terakhir yang berjaya di kelas tersebut adalah Barry Sheene pada tahun 1981 di Swedia.

Keberhasilan Cruthlow menjejak podium teratas di kelas MotoGP melanjutkan hasil bagus yang didapat pembalap Inggris di kelas lain. Pada kelas Moto3 John McPhee juga jadi juara, sedangkan di kelas Moto2 Sam Lowes finis di podium terakhir.
 

Baca Juga

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...