Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Jusuf Kalla Beri Sinyal Reshuffle Kabinet, Jokowi Balik Tanya

Jusuf Kalla Beri Sinyal Reshuffle Kabinet, Jokowi Balik Tanya

resufle kabinet

Hembusan Isu reshuffle kabinet semakin kencang saja akhir-akhir ini. Apalagi diperkuat oleh pernyataan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada hari Senin (4/5) kemarin di kantornya.

Menurut Jusuf Kalla bahwa reshuffle kabinet perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja pemerintah. Pasalnya, jalannya pemerintah perlu didukung oleh sosok-sosok yang kompeten di bidangnya masing-masing.

“Ya karena banyak perlu peningkatan kinerja tentu dibutuhkan orang-orang yang sesuai dengan kemampuannya,” kata JK.

Hanya, kapan dan menteri apa saja yang bakal di-reshuffle , termasuk kemungkinan reshuffle tim ekonomi, JK belum memastikan.

Dirinya pun juga tidak merinci kriteria menteri seperti apa yang akan digeser maupun dicopot dari jabatannya. ”Belum kita bicarakan, waktunya juga belum. Tentu pada waktunya apabila dipandang perlu. Belum ada pembicaraan (lebih lanjut),”ujarnya.

Terkait dengan wacana itu, Presiden RI Joko Widodo memilih untuk enggan memberikan komentar. Jokowi berusaha mengalihkan pertanyaan dan justru balik bertanya ketika disinggung soal pernyataan Wapres Jusuf Kalla.

“Hah? Apa? Ya tanya Pak JK. Nanya ini loh nusantara sehat, bagaimana sih. Kita kan baru saja bicara soal nusantara sehat, kamu (wartawan) itu bagaimana?” kata Jokowi di Istana Negara,Jakarta, Senin (4/5).

Saat ditanya kembali mengenai rencana reshuffle menteri, Jokowi hanya melempar senyum. “Tanya soal Tim Nusantara Sehat. Kalau enggak ada ya sudah,” tutup Jokowi.

Sementara itu, di sebuah media online, Deputi IV bidang Komunikasi Politik Kantor Staf Kepresidenan Eko Sulistyo memberikan sinyal senada dengan JK tentang adanya rencana reshuffle.

Menurutnya, perombakan kabinet bisa saja dilakukan minggu ini atau dalam waktu sebulan ke depan.

”Dekat itu bisa seminggu, sebulan, iya kan, dan pokoknya reshuffle itu hakprerogatif presiden,” tambahnya.

Dituturkan pula kalau selama enam bulan terakhir Presiden sudah memahami kinerja para menterinya. Menurut Eko, Presiden memiliki parameter tersendiri untuk menilai kinerja menterinya. Dia pun mengungkapkan menteri yang akan direshuffle merupakan menteri yang menjadi sorotan masyarakat saat ini.

Pada bagian lain, Ketua DPP PDIP Bidang Perekonomian Hendrawan Supratikno mengungkapkan,”Pernyataan JK soal kemungkinan reshuffle kabinet adalah realistis. Pasalnya, Presiden dan Wapres lah yang merasakan langsung perlu tidaknya melakukan reshuffle atas beberapa menteri yang kinerjanya kurang optimal.”

Ditambahkan pula, kalau persoalan tersebut sudah dikomunikasikan ke PDIP dan partai pendukung lainnya.

Meski demikian, Hendrawan tidak mau buka suara, siapa saja menteri yang kinerjanya tidak dianggap tidak sesuai harapan.

”PDIP tidak boleh mencampuri atau mendahului sistem ketatanegaraan di Indonesia dengan menyebut nama-nama menteri yang harus di-reshuffle,” ujar Hendrawan.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...