Home / Berita / Nasional / Kabupaten Bandung Banjir, Yuddy Chrisnandy & Ahmad Heryawan Lihat Lokasi

Kabupaten Bandung Banjir, Yuddy Chrisnandy & Ahmad Heryawan Lihat Lokasi

Kabupaten Bandung Banjir, Yuddy Chrisnandy & Ahmad Heryawan Lihat Lokasi
Kabupaten Bandung Banjir, Yuddy Chrisnandy & Ahmad Heryawan Lihat Lokasi

Kabupaten Bandung dilanda banjir. Bencana banjir yang melanda Bandung Jawa Barat, membuat Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy memantau langsung lokasi pada Minggu (21/12/2014). Yuddy tidak sendiri karena ditemani Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wakil Bupati Bandung Deden R Rumaji.

Yuddy mengatakan blusukan ke lokasi banjir di Kabupaten Bandung memang diutus Presiden Joko Widodo. Karena itu pemerintah pusat pun disebut Yuddy akan berupaya untuk menyelesaikan bencana tahunan ini.

Masalah banjir ini harus diselesaikan secara permanen. Saya diutus Pak Presiden untuk melihat persoalannya lebih dekat untuk nantinya menjadi agenda bahasan di pusat bersama Pak Presiden” ungkapnya.

Yuddy tak menampik bahwa banjir di Kabupaten Bandung tidak bisa diselesaikan dalam waktu cepat. Namun menurut Yuddy, presiden menginginkan masalah banjir di Kabupaten Bandung itu harus selesai paling lama dalam lima tahun mendatang.

Jadi harus ada target, sebelum lima tahun harus segera selesai. Misalnya, kalau sekarang banjirnya 2 meter, tahun depan jadi satu meter, tahun ketiganya 50 sentimeter, tahun berikutnya 25 sentimeter dan menjelang tahun ke lima sudah tidak ada banjir lagi” tambahnya.

Diperlukan pemikiran-pemikiran dan langkah-langkah terpadu kerja sama lintas sektoral. Gubernur (Jawa Barat) akan mengundang sektor-sektor yang memang harus terlibat dalam penanggulangan bencana alam banjir di sini secara permanen” tegasnya.

Di lain pihak Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan jika Pemprov Jawa Barat sudah sejak lama mempunyai road map. Namun road map tersebut belum bisa dieksekusi secara baik dan maksimal, sebab pemerintah pusat belum menyambut baik terhadap semua masalah ini.

Masalah ini ada unsur Pemkab, provinsi dan unsur pusat. Tiga-tiganya harus berjalan. Karena yang harus diselesaikan bukan masalah hilirnya saja, tapi tengah dan hulunya juga harus dibereskan. Percuma kalau dibereskan hilirnya saja, tapi hulunya tidak” ungkap Ahmad Heryawan.

Oleh karena itu Ahmad Heryawan melanjutkan sangatlah dibutuhkan campur tangan pemerintah pusat, terutama dalam hal anggaran. “Pada tahun 2011 ada tender untuk menyelesaikan sungai dan banjir ini mulai dari hulu, tengah dan hilir Rp 1,3 T (triliun). Tapi berapa faktanya, berapa anggarannya, sangat kecil kan” pungkas Ahmad Heryawan.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...