Home / Berita / Regional / Kafe Nazi Soldatenkaffee Akhirnya Ditutup

Kafe Nazi Soldatenkaffee Akhirnya Ditutup

Soldatenkaffee
Soldatenkaffee – (ibtimes)
Aktual Post – Kafe bergaya Nazi Jerman di Bandung, Soldaten Kaffee der Kommandantur Gross, tutup usaha sejak sepekan lalu.

Pemiliknya, Henry Mulyana, mengatakan penutupan itu karena pemberitaan media massa yang tidak benar. “Berawal dari berita yang tidak sesuai dengan keterangan saya waktu wawancara,” ujarnya, Sabtu, 20 Juli 2013.

Pada berita sebuah harian berbahasa Inggris, kata Henry, ia disebutkan mengklaim tidak ada bukti Nazi telah melakukan kejahatan kemanusiaan terhadap bangsa Yahudi. “Itu tidak benar. Saya katakan sekali lagi, saya percaya dan yakin holocaust itu pernah terjadi,” katanya.

Henry yang didampingi kuasa hukumnya menyatakan ia telah menjadi korban dari pemberitaan sepihak. Ia menuding ada unsur rekayasa dan pelintiran berita yang bertujuan untuk mencari sensasi.

Berita miring soal pemilik dan kafe bergaya Nazi itu telah menyebar ke belasan koran asing, seperti di Amerika Serikat dan Israel. Henry juga mengaku mendapat kecaman dari pihak luar negeri, serta telepon bernada marah dari beberapa orang.

Karena sudah dicap negatif, Henry memutuskan untuk menutup usahanya. Kecemasan berikutnya yaitu ditolak ke sejumlah negara karena dianggap pendukung Nazi. Kafe bergaya Jerman itu dibuka pada 2011 di Blok A 46 Pasirkaliki Hyper Square, Bandung.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...