Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Kanker Payudara Bisa Dicegah dengan Berolahraga Teratur

Kanker Payudara Bisa Dicegah dengan Berolahraga Teratur

Olahraga di kantor

Olahraga akan membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Menggerakkan fisik turut meningkatkan kekebalan tubuh sehingga seseorang lebih mungkin untuk terhindari dari berbagai penyakit. Virus, bakteri, hingga jamur bisa dihalau dengan pertahanan tubuh. Satu lagi, studi yang dilakukan di Lyon, Prancis, menemukan bahwa olahraga adalah cara efektif dalam mencegah kanker payudara.

Dikutip dari Merdeka dari HealthDay News, studi melibatkan sekitar empat juta dari data kesehatan wanita yang ada di Prancis. Data tersebut merupakan kumpulan dari 37 studi yang telah dilakukan sebelumnya. Peneliti melihat olahraga memiliki reaksi berlainan pada berbagai jenis tumor dan kesehatan pada umumnya. Dan, gaya hidup yang banyak gerak termasuk dengan berolahraga membuat seorang wanita bisa terhindar dari terserang kanker payudara.

“Ada banyak penelitian yang mengaitkan olahraga dengan risiko kanker payudara. Kami percaya diri bahwa hasil penelitian kami cukup akurat,” kata  Mathieu Boniol, peneliti dari Prevention Research Institute di Lyon, Prancis.

Kabar baiknya, pada wanita yang diketahui memiliki perkembangan sel kanker payudara yang cukup cepat, dengan berolahraga bisa membuat perkembangan sel abnormal tersebut ditekan. Boniol mengatakan agresifnya sel kanker bisa dilawan dengan tubuh yang senantiasa aktif bergerak. Jika dibandingkan dengan wanita yang malas bergerak, mereka yang rajin berolahraga diketahui 12 persen lebih rendah untuk memiliki kanker payudara.

Namun Boniol tidak membatasi manfaat olahraga ini hanya terbatas untuk mencegah kanker payudara. Pasalnya, olahraga secara ilmiah juga memberikan manfaat pencegahan bagi berbagai penyakit yang ada. Sebagai sarana pencegahan kanker payudara, ada baiknya berolahraga maupun aktif menggerakkan badan bisa dijadikan kebiasaan harian.

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit mematikan yang menjadi langganan wanita. Di samping itu, beberapa jenis penyakit yang sering dialami wanita adalah penyakit jantung, kanker serviks, hingga kanker rahim.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...