Home / Artikel Kesehatan / Kanker Vagina, 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Kanker Vagina, 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Kanker vagina tidak dipungkiri menjadi penyakit yang cukup ditakuti oleh wanita, lantas apa penyebabnya?

Penyebab Kanker Vagina

Kanker vagina yang terjadi pada wanita memiliki dampak yang sangat serius. Kanker vagina juga tak kalah mematikannya seperti halnya kanker serviks yang menyerang wanita. Kanker serviks umumnya disebabkan karena infeksi oleh virus Human Virus Papilloma atau yang biasa disebut dengan HPV. Virus HPV ini memang secara tetap ditemukan pada kanker vagina.

Untuk faktor resiko terbesar kanker vagina yaitu wanita yang sebelumnya menderita penyakit karsinoma serviks atau penyakit vulva. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit kanker vagina. Berikut ini 3 hal yang bisa menjadi penyebab wanita terserang penyakit kanker vagina.

Usia

Usia dapat menjadi faktor yang menyumbang penyakit kanker vagina menyerang wanita. Biasanya wanita yang usianya diatas 60 tahun menderita penyakit kanker vagina jenis karsinoma skuamosa.

Infeksi HPV

Infeksi oleh virus HPV atau Human Papilloma Virus merupakan penyebab paling utama seseorang menderita penyakit kanker vagina. Virus HPV lebih banyak ditularkan dari hubungan intim antara seorang pria dan wanita. HPV ini juga menjadi faktor terjadinya kutil pada kelamin selain menyumbang resiko wanita terserang kanker vagina.

Adenosis Vagina

Sekitar 40% dari wanita yang telah mengalami menstruasi, pada daerah vaginanya ditemukan daerah-daerah tertentu yang dilapisi sel gepeng yang dinamakan skuomosa. Sel ini hampir ditemukan pada wanita dibagian kelenjar rahim bawah dan bagian lapisan rahim. Umumnya adenosis vagina ini terjadi pada wanita yang terpapar oleh DES selama perkembangan janin dalam kehamilannya.

Baca Juga

Kasus Vaksin Palsu; Polisi beberkan : ada Oknum Dokter yang Cari Vaksin Palsu di Pasar Pramuka & Jatinegara

  Polisi membeberkan kalau lokasi pencarian vaksin yang dilakukan oleh oknum dokter di Rumah Sakit ...