Home / Berita / Regional / Kapal Baja Pelat Datar Diuji Coba, Ini Foto-Fotonya

Kapal Baja Pelat Datar Diuji Coba, Ini Foto-Fotonya

“Cukup ergonomis. Tadi manuvernya cukup bagus” ungkap Menristek Dikti, Muhammad Nasir (Sabtu, 20/8/2016).

Kapal Baja Pelat Datar Karya Anak Negeri, Diuji Coba

Guna mendukung inovasi anak negeri, Menristek Dikti Muhammad Nasir mengadakan kunjungan ke tempat pembuatan kapal pelat datar. Kunjungan ini dimaksudkan untuk menguji coba kapal yang dibuat Juragan Kapal, perusahaan desain dan produksi kapal baja.

“Cukup ergonomis. Kedua adalah saya tes dari segi kecepatan. Tadi manuvernya cukup bagus” ungkap Nasir di Pakuhaji Tangerang, Banten, Sabtu (20/8/2016).

Nasir mengungkapkan perlu adanya dukungan untuk inovasi mahasiswa. Dengan bantuan pemerintah diharapkan dapat tercipta industri berbasis teknologi yang unggul dan dapat bersaing secara global. Nasir sempat mencoba selama beberapa jam untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan kapal ini.

Kapal Baja Pelat Datar Karya Anak Negeri Diuji Coba

Kapal pelat datar tersebut diinisiasi oleh dua alumni Universitas Indonesia Adi Lingson dan Sanlaruska Fathernas serta mendapat bimbingan dari dosen UI Hadi Tresno Wibowo pada tahun 2012. Inovasi yang mereka tawarkan adalah dengan membuat kapal ini menggunakan pelat baja yang mempunyai keunggulan dari kapal-kapal lainnya.

Bahan pelat baja tersebut dapat menghemat hingga 25% dari kapal yang terbuat dari kayu ataupun fiberglass. Tingkat ekonomisnya yang tinggi juga dikuti dengan program pemerintah dalam rangka mengurangi penebangan hutan. Karena produk dari baja ini dapat denga mudah didaur ulang kembali.

 

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...