Home / Berita / Dunia / Kapal Penumpang Tenggelam di Sungai Yangtze di Tiongkok, Ratus Penumpang Hilang

Kapal Penumpang Tenggelam di Sungai Yangtze di Tiongkok, Ratus Penumpang Hilang

Senin (01/06/2015), sebuah kapal yang mengangkut sekitar 458 orang tenggelam di Sungai Yangtze, di Tiongkok, sekitar 12 orang korban ditemukan termasuk kapten dan kepala mesin . Satu lansia berusia sekitar 65 tahun yang terjebak didalam kapal itu bisa diselamatkan dan masih ada kemungkinan lima orang lain masih hidup didalam kapal menurut regu penyelamat, mungkin mereka terjebak di lambung kapal yang terbalik.

Kapal yang bernama “Dongfangzhixing atau Eastern Star (Bintang Timur), tenggelam sekitar pukul 21.28 waktu setempat di wilayah Jianli Provinsi Hubei, dan sedang melakukan pelayaran dari Nanjing, Ibu Kota Provinsi Jiangsu di Tiongkok Timur menuju Kota Chongqing di bagian barat daya negeri tersebut.

Penyebab tenggelamnya kapal tersebut belum diketahui secara jelas, namun informasi yang didapat dari kapten kapal dan kepala mesin yang berhasil diselamatkan bahwa kapal tersebut dihantam badai “tornado”

Diantara penumpang kapal itu adalah 406 wisatawan berusia 50 sampai dengan 80 tahun yang sedang dalam perjalanan dari satu kelompok pariwisata asal Shanghai dan 47 orang lainnya adalah awak kapal, kapasitas kapal itu lebih dari 500 orang .Kapal “Bintang Timur” itu dimiliki oleh perusahaan Chingqing Easten Shipping Corporation dan sedang menyelenggarakan wisata kunjungan di sepanjang wilayah Tiga Ngarai di Sungai Yangtze . Kapal ini sudah beroperasi sejak 1967.

Presiden Tiongkok Xi Jinping segera memerintahkan untuk melakukan penyelematan besar-besaran, Perdana Menteri Li Kegiang pun segera menuju tempat kejadian di Provinsi Hubei.

Baca Juga

Rokok Terakhir DN Aidit

Jakarta – Lampu di salah satu sudut ruangan di sebuah rumah di bilangan Cikini, Jakarta ...