Home / Berita / Politik / Kasus Putu Sudiartana, KPK ‘Incar’ Gubernur Sumbar

Kasus Putu Sudiartana, KPK ‘Incar’ Gubernur Sumbar

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno sepertinya akan ditelusuri keterlibatannya terkait kasus Putu Sudiartana.

Kasus Putu Sudiartana, KPK ‘Incar’ Gubernur Sumbar

Seperti yang diketahui jika KPK telah menetapkan lima tersangka kasus dugaan suap pemulusan rencana 12 proyek ruas jalan di Sumatera Barat agar dibiayai lewat APBN-Perubahan 2016.‎ Kelimanya adalah Anggota Komisi III DPR Fraksi Demokrat I Putu Sudiartana dan Noviyanti selaku staf Putu di Komisi III.

Selain itu ada pula nama Suhemi yang diduga perantara, seorang pengusaha bernama Yogan Askan, serta Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang dan Pemukiman Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bernama Suprapto. Lantas apakah KPK menargetkan nama lain dalam kasus ini?

Mengenai hal itu rupanya KPK juga akan menelusuri dugaan keterlibatan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Pasalnya bukan tak mungkin gagasan Suprapto soal 12 proyek ruas jalan itu sudah mendapat persetujuan‎ Irwan selaku orang nomor 1 di Sumbar.

“Ya, tapi sampai sekarang kami belum dapatkan hubungan itu. Kasus ini masih dalam pengembangan ” ungkap Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief di Gedung KPK (Rabu, 29/6/2016).

Oleh KPK I Putu Sudiartana, Noviyanti, dan Suhemi selaku penerima dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).

Sementara Yogan dan Suprapto selaku pemberi dijerat dengan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 13 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Penetapan tersangka ini merupakan hasil ‎operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Tim Satgas KPK pada Selasa 28 Juni malam.

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...