Home / Berita / Dunia / Katak Raksasa Ini Terancam Punah, Kenapa?

Katak Raksasa Ini Terancam Punah, Kenapa?

“Populasinya menurun drastis karena kehilangan habitat, perburuan, polusi” ungkap Cyril Ruoso.

Katak Raksasa Ini Terancam Punah, Kenapa

Seperti yang dilansir Metro pada Minggu (03/07/2016), katak raksasa atau yang biasa disebut pula katak Goliath keberadaannya makin mengkhawatirkan. Hewan unik yang hanya dapat ditemukan di Kamerun dan Guinea ini, terancam punah karena diburu untuk dimakan serta dijual.

Pemburu biasanya akan berburu ke sungai di malam hari dengan membawa senjata serta obor. Saat menemukan katak raksasa ini, pemburu tak segan menembak mata mereka agar bisa segera dilumpuhkan. Menurut fotografer satwa liar, Cyril Ruoso permasalahan tersebut akibat kemiskinan serta rendahnya pendidikan.

“Tidak ada yang tahu berapa banyak yang tersisa di dunia. Tapi kami yakin populasinya menurun drastis karena kehilangan habitat, perburuan, polusi. Ukurannya juga turun” ungkap Cyril Ruoso.

Ilmuwan biologi Claude Miadu menambahkan, populasi katak raksasa terancam juga karena patogen mematikan yakni jamur Chytrid. Katak raksasa memang memiliki ukuran yang luar biasa besar. Pada saat mereka berudu saja, ukuran mereka bisa mencapai 32 cm dengan berat hingga 3,25 kg.

Baca Juga

Ibu Hamil Ingin Makan Keju? Perhatikan Dulu Hal Ini, Ya

Jakarta – Sekarang makanan ‘kekinian’ banyak banget yang pakai topping keju. Nggak sedikit juga yang ...