Home / Berita / Nasional / Kebakaran Lahan Gambut di Jambi Meluas, Pemukiman Warga Terancam!

Kebakaran Lahan Gambut di Jambi Meluas, Pemukiman Warga Terancam!

Hutan Kebakarn

Kebakaran lahan gambut yang melanda Desa Gambut Jaya Kumpeh Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi yang meluas, tentu saja mengancam pemukiman warga setempat. Kebakaran lahan gambut sudah terjadi sejak 10 hari jelang Lebaran 2015. Lokasi pertama kebakaran itu yakni di hutan perbatasan Jambi-Palembang, asap yang membumbung tinggi pun terus terbawa angin.

Ketika dimintai konfirmasinya Ketua Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) Desa Gambut Jaya, Basir mengatakan jika warga sekitar bersama petugas masyarakat peduli api Desa Gambut Jaya terpaksa terus berjaga agar api tidak sampai ke lahan yang berada di pinggiran pemukiman warga. Upaya dari masyarakat peduli api tidak bisa maksimal, karena keterbatasan peralatan.

Apinya terus membesar, sudah hampir sampai ke pemukiman warga. Namun warga terus berjaga-jaga supaya api tidak menjalar ke kebun plasma dan memasuki pemukiman. Kalau memadamkan sekeliling kita tidak sanggup, warga juga banyak yang tidak tahan asap, dan peralatan kita juga tidak memadai” ungkap Basir.

Di lain pihak Kepala Bidang Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Bestari mengatakan bahwa Tim Manggala Agni sudah ke lokasi kebakaran. Menurutnya Manggala Agni yang diterjunkan sudah siap tempur. “Satu regu (15 orang) Manggala Agni sudah terjun ke lokasi. Mereka akan berada di sana selama tiga hari, pantang pulang sebelum padam” ungkap Bestari, seperti yang dilansir Antara.

Menurut Bestari peralatan yang dibawa regu Manggala Agni sangat memadai, alhasil dirinya meyakini api kebakaran di lahan gambut Kumpeh itu bisa diatasi. “Saya pikir peralatan mereka sudah memadai, kalaupun sampai tiga hari api belum padam dan BBM serta stok makanan mereka kekurangan mungkin regu itu ditarik dan aplus dengan regu lain atau ada penambahan personil. Itu kita lihat dahulu perkembangan di lapangan” pungkasnya.

Seperti yang diketahui jika kebakaran lahan gambut sudah terjadi sejak 10 hari jelang Lebaran 2015. Lokasi pertama kebakaran itu yakni di hutan perbatasan Jambi-Palembang, asap yang membumbung tinggi pun terus terbawa angin. Dampaknya api makin cepat menjalar hingga masuk di kawasan hutan gambut Desa Gambut Jaya. Diperkirakan sekitar 200 hektare lahan gambut di wilayah desa itu sudah terbakar.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...

One comment

  1. Zaenal Thengereadik Bcl

    waduuh padahal tadi aku udah ngetik pingin bikin statuz keq gini loch.. eh malah udah keduluan ama Novieta Sarii yang keq gini….

    New post (Kebakaran Lahan Gambut di Jambi Meluas, Pemukiman Warga Terancam!) has been published on Aktual Post

    yaudin dech Video Aneh
    berhubung Video Aneh baik hati, kagak sombong n suka nabung… Aku kasih Comment + Like This juga dah… hehehe