Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Kebijakan Pengampunan Pajak Jika diterapkan Bisa Tarik Ribuan Triliun Uang di Singapura

Kebijakan Pengampunan Pajak Jika diterapkan Bisa Tarik Ribuan Triliun Uang di Singapura

17595_15340_14987_12917_sip-dirjen-pajak

Kebijakan tax amnesty atau pengampunan pajak rencananya akan digulirkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Dengan Kebijakan ini diyakini dapat menarik dana ribuan triliun rupiah milik orang Indonesia yang diparkir di Singapura.

Menurut Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Mekar Satria Utama,”Ada sekitar Rp 3.000 –  Rp 4.000 triliun aset orang Indonesia di Singapura.”

Ini, sambung Mekar dalam diskusi publik “Menimbang Pro dan Kontrak Tax Amnesty” di Jakarta, menjadi potensi untuk menambah penerimaan pajak karena wajib pajak akan melaporkan harta kekayaannya.

Untuk jangka pendek, kebijakan ini akan menggenjot penerimaan pajak. Diperkirakan, potensi penerimaan yang masuk dari pengampunan pajak ini sekitar Rp 100 triliun. Sedangkan dalam jangka panjang, ungkapnya, kebijakan ini akan memperluas basis perpapajakan.

Mekar menambahkan bahwa program pengampunan pajak akan berjalan mulus karena mulai tahun 2017 ini ada program internasional bernama Automatic Exchange of Information atau pertukaran data antarlembaga internasional. Melalui program ini, sambungnya, suatu negara akan dengan mudah memperoleh data atau aset warga negaranya di negara lain.

Melalui data itu, DJP akan mencoba menawarkan kepada yang bersangkutan untuk melakukan perbaikan surat pemberitahuan pajak ataupun mengikuti program amnesti pajak jika jadi diberlakukan.

“Kami akan memiliki banyak data wajib pajak di luar negeri,” kata Mekar.

Dirinya menyadari program pengampunan pajak menimbulkan kontroversi. Sebab, program ini juga menawarkan penghapusan sanksi pidana umum seperti korupsi dan pencucian uang.

“Tentu program ini baru bisa diberlakukan kalau ada kesepakatan dari semua pihak,” tuturnya.

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...