Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Regional / ‘Kebun Angin’ Terbesar Segera Berdiri di Bantul

‘Kebun Angin’ Terbesar Segera Berdiri di Bantul

kebun angin

Kota Bantul patut berbangga sebab di daerahnya, tepatnya Pantai Samas, Bantul, Yogyakarta, akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) terbesar dalam sejarahnya. Bayangkan saja, kapasitasnya mencapai 50 megawatt.

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, PLTB Samas menjadi sejarah terbesar di Indonesia, dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi proyek ini bisa dilanjutkan.

Berdasarkan rencana, Groundbreaking PLTB Samas baru akan dilakukan pada tahun 2016 mengingat masih harus ada pembebasan lahan jalur transmisi sepanjang 28 Km dari Samas hingga Wates.

Dengan menelan biaya sekitar Rp 2 triliun, proyek ini ditargetkan selesai pada tahun 2018.

Di lokasi sepanjang 4 Km akan dibangun sekitar 25 tower kincir angin setinggi 120 meter dengan kincir angin terbilah turbin sepanjang 60 meter.

Pantai Samas dipilih sebagai lokasi PLTB karena mempunyai angin yang cukup konsisten untuk menggerakkan kincir angin. Rata-rata kecepatannya 5,6 meter per detik.

Apakah keberadaan PLTB berbahaya buat masyarakat?

“Bila sudah selesai, PLTB ini pemandangannya sangat indah karena seperti ‘perkebunan angin’,”ujar Sudirman Said

Ini, dilanjutkan olehnya, bisa jadi objek wisata juga, karena dibawah turbin nanti akan ada perkebunan yang hijau. PLTB dijamin tidak merusak lingkungan karena hanya memanfaatkan sumber anginnya saja.

Bagi pemerintah, pembangunan PLTB merupakan langkah mendorong penggunaan listrik dengan energi baru terbarukan, seperti panas bumi, angin, biomassa dan lainnya.

“Karena energi fosil suatu saat akan habis. Sehingga memilih energi baru terbarukan bukan keharusan, tapi harus kita lakukan bersama-sama,”tutur Sudirman.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ketua-pengadilan-agama-kepergok-di-hotel-lagi

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...