Home / Headline / Kebusukan OC Kaligis Akan Dibongkar Anak Buahnya

Kebusukan OC Kaligis Akan Dibongkar Anak Buahnya

Kebusukan OC Kaligis Akan Dibongkar Anak Buahnya!

OC Kaligis semakin terjepit dalam kasus suap hakim PTUN Medan. Pasalnya salah satu anak buah OC Kaligis, M Yagari Bhastara alias Geri dikabarkan siap bekerjasama untuk membongkar kebusukan bos nya tersebut. Hal itu diungkapkan pengacara sekaligus paman Geri, Haeruddin Masaro.

Seperti yang diketahui dalam operasi tangkap tangan di Medan, KPK menyita barang bukti berupa uang sejumlah US$ 15 ribu dan Sin$ 5 ribu dari ruangan hakim PTUN Medan. Mereka yang ditangkap & dijadikan tersangka ketika itu adalah Geri, Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putro, Hakim Amir Fauzi, Hakim Dermawan Ginting, dan Panitera PTUN Medan Syamsir Yusfan.

Dalam kasus ini KPK juga memeriksa Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho dan istri mudanya, Evy Susanti sebagai saksi. Evy seperti Kaligis, dicegah bepergian ke luar negeri demi kepentingan penyidikan. Operasi tangkap tangan digelar KPK setelah lembaga itu mencium adanya penyuapan dalam persidangan gugatan anak buah Gubernur Gatot, Kepala Biro Keuangan Pemprov Sumatera Utara Achmad Fuad Lubis.

Sementara itu menurut Haeruddin Masaro, Geri mengaku salah dan ingin bertobat. “Syukur alhamdulillah Geri masih ingat Tuhan. Saya bilang sama dia, Kamu bisa saja lepas dari OTT KPK, tapi tidak bisa lepas dari OTT Allah” ungkap Haeruddin.

Haeruddin menjamin Geri akan memberikan keterangan sebagaimana yang dia alami dan ketahui. Geri sebagai orang yang kedapatan menyuap hakim PTUN dalam operasi tangkap tangan, menyatakan bakal berperan aktif sebagai justice collaborator untuk menguliti habis duduk perkara yang sebenarnya.

Menurut Haeruddin, Geri sejak awal ditangkap KPK berbicara kepada ibunya bahwa dia tidak ingin didampingi oleh kuasa hukum manapun kecuali oleh Haeruddin yang masih berkerabat. Geri kata Haeruddin, rupanya masih ingat wejangannya tentang rentannya dunia pengacara dengan suap-menyuap.

Saya sudah bilang sama dia, ‘Sampaikan semuanya, jangan dilebihkan dan jangan dikurangi. Kalaupun itu memberatkan diri sendiri, kau harus tanggung itu. Biar kau jadikan pelajaran’” tambah Haeruddin, seraya mengulangi ucapannya kepada Geri.

Haeruddin yakin Geri tidak lebih dari bawahan yang berperan sebagai orang suruhan Kaligis. Urusan duit dan kebijakan, kata Haeruddin berhulu pada asosiasi firma hukum yang dipimpin oleh OC Kaligis. Geri juga sempat bercerita kepada Haeruddin bahwa Kaligis memintanya untuk pasang badan dan bertanggung jawab atas terbongkarnya dugaan suap hakim Medan.

OC bilang, ‘Geri itu kantor sudah tutup, ratusan orang tidak bisa mengais rezeki. Kenapa kamu tidak pasang badan? Saya tanggung kau punya biaya semua” kata Haeruddin menirukan ucapan OC Kaligis kepada Geri. Tapi Geri tak bisa berbuat banyak. “Bagaimana bisa saya pasang badan? Ada rekaman” ujar Haeruddin menirukan ucapan Geri.

Baca Juga

Ajukan Praperadilan, Direktur PT DJM Soalkan Peradilan Koneksitas

Foto: Rachman Haryanto/detikcom Jakarta – Tersangka Direktur PT Diratama Jaya Mandiri (DJM) Irfan Kurnia Saleh ...

One comment

  1. Zaenal Thengereadik Bcl

    Met Siang Video Aneh … numpang like gitu hahaha….