Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Kebutuhan Beras Masih Aman Buat 5 Bulan ke depan

Kebutuhan Beras Masih Aman Buat 5 Bulan ke depan

beras-gudang

Banyak pihak yang mengkhawatirkan kalau stock beras Indonesia menipis dan tidak cukup. Sehingga ada wacana untuk impor beras. Sebenarnya, berapa banyakkah stock beras di Perum Bulog?

“Saya nggak boleh ngomong kalau angka, tapi sampai hari ini 1 juta 56 ribu ton. Saat ini aman untuk 5 bulan ke depan, Insya Allah aman,” ungkap Direktur Pelayanan Publik Perum Bulog, Lely Pelitasari Soebekty, dalam diskusi ‘Beras dan Kedaulatan Pangan’, di FX Senayan, Jakarta, Sabtu (23/5).

Lely menambahkan, sampai sekarang Bulog tetap aktif menyerap beras dari petani. Setiap hari Bulog mampu menyerap beras petani 25 ribu ton. Lely juga menuturkan kesulitan Bulog dalam menyerap beras petani karena Harga Pembelian Pemerintah (HPP) dirasa lebih rendah dari harga yang ditawarkan tengkulak.

“Eskalasi harga di petani tinggi sekali, di pasar kemudian lebih tinggi lagi, karena kan harga dari Bulog itu acuan bagi seluruh pelaku perberasan. Tugas kami lakukan penyerapan dan kemudian kita kasih laporan ke pemerintah, sekarang tinggal pemerintah yang buat kebijakan. Artinya yang HPP ditentukan Bolog tidak efektif,” ujarnya.

Dengan jumlah penduduk 250 juta orang, seharusnya Indonesia mempunyai cadangan beras pemerintah (CBP) harus besar. Menurut hitung-hitungan Lely CBP dipatok hingga 1,8 juta ton.

Jika dibandingkan negara tetangga di lingkup Asia Tenggara (ASEAN) khususnya yang aktif memproduksi padi, CBP yang dimiliki Indonesia jauh lebih rendah. Negera tetangga punya simpanan 10-17% dari stok nasional sebagai bumper.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...