Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Kebutuhan Pengungsi Rohingya Akan Ditanggung IOM

Kebutuhan Pengungsi Rohingya Akan Ditanggung IOM

Pengungsi-Rohingya-Nelayan-Aceh

Ribuan pengungsi Rohingnya kini masih berada di provinsi DI Aceh. Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI akan terus berkordinasi dengan segenap pihak untuk terus memberikan perlindungan kemanusiaan kepada para pengungsi Rohingya.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menuturkan bahwa berdasarkan perintah dari presiden, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial harus terus melayani para pengungsi Rohingya ini atas nama perlindungan kemanusiaan.

Namun demikian, banyaknya pengungsi tidak bisa dibantah akan mengeluarkan dana untuk kebutuhannya.

Tapi hal ini tidak masalah bagi pemerintah. Sebab kata Khofifah sesuai hasil rapat koordinasi (rakor) di Kementerian Politik Hukum dan HAM (Polhukam) bahwa Organisasi Migrasi Internasional (IOM) yang akan bertanggung jawab sepenuhnya atas pengeluaran terkait pengungsi Rohingya ini.

“Sehingga semua pengeluaran yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah kabupaten atau dinas setempat dapat di-reimburse (diganti) ke pihak IOM,” ungkap Khofifah.

Selama ini, Kemensos telah menyediakan makanan dan kebutuhan lainnya (family kit) untuk para pengungsi. Kementerian Sosial sendiri menyatakan memiliki standar dua bulan untuk membantu para pengungsi Rohingya ini. Meski begitu, ini pun harus berdasarkan permintaan langsung dari Menteri Luar Negeri RI.

Hingga sekarang, ada sejumlah pengungsi Rohingya yang berada di Langkat, Sumatera Utara sudah dialokasikan ke kantor imigrasi setempat. Tapi, masih ada lagi sebagian di Langsa dan Aceh Utara, dan semua akan dikoordinasikan oleh Kemenlu. Di sana akan ada Badan Keamanan Laut (Bakamla), Badan SAR Nasional (Basarnas), Kementerian Sosial dengan koordinatornya adalah Kemenlu.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...