Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Keindahan Pulau Le Reunion dan Misteri MH 370

Keindahan Pulau Le Reunion dan Misteri MH 370

Pantai Kepulauan Le Reunion
Pantai Kepulauan Le Reunion

Mungkin tidak  banyak masyarakat di Indonesia yang pernah mendengar nama pulau ini apalagi berkunjung ke sana. Bukan hanya masyarakat Indonesia, bahkan masyarakat dunia juga tidak banyak mengenal pulau ini.  Pulau La Reunion menjadi perbincangan setelah ditemukanya serpihan puing Boeng 777 di pulau itu. Pemerintah Australia dan Malaysia yakin, puing itu adalah bagian dari tubuh pesawat MH 370 yang hilang pada Maret tahun lalu.

Dalam dua hari ini puing yang ditemukan semakin banyak.  Hal itu semakin meyakinkan banyak pihak kalau pesawat MH 370 jatuh di wilayah itu. Pakar Malaysia dan Australia telah berangkat menuju pulau itu untuk mendapatkan kepastian. Sedangkan puing yang ditemukan sedang diteliti di pusat penelitian Boeing di Perancis.

Gunung dan air tejun di Le Reunion
Gunung dan air tejun di Le Reunion

Pulau Le Reunion  terletak di sebelah timur Madagascar, kira-kira 200 kilometer di barat daya Mauritius. Pulau ini adalah bagian dari tanah jajahan Perancis.  Lokasinya berdekatan dengan Pulau Seychelles milik Inggris. Di Pulau itu terbentang luas panorama yang cukup indah sehingga banyak mengundang daya tarik wisatawan Eropa dunia untuk datang ke sana.

Pulau kecil ini mempunyai sejumlah gunung berapi yang aktif  dan sering menjadi tempat beristirahat para pelancong dan pecandu selam, karena selain memiliki  hutan dan gunung yang masih perawan, Le Reunion juga memiliki kawasan laut yang luas serta  puluhan air terjun yang indah.

Reunion3

Pada masa lalu, Pulau Reunion ini pernah menjadi tujuan migrasi sejumlah pendatang dari Mozambique, India, China dan Madagascar. Pulau ini memiliki luas 2.520 kilometer persegi dan ia adalah yang terbesar di antara pulau-pulau yang terdapat di kepulauan Mascarene. Jumlah penduduknya sekitar 900 ribu orang, yang sebagian menggunakan bahasa Perancis. Sedangkan mata uangnya adalah Euro.

Pulau ini menjadi wilayah jajasan Perancis sejak ditemukan  pada 1643. Perancis mengklaim pulau ini sebagai bagian dari negaranya  dan menamakannnya dengan sebutan Bourbon  sebelum diganti menjadi La Reunion pada 1792.

 

Reunion5

Andai serpihan pesawat yang ditemui beberapa hari ini merupakan bagian dari tubuh MH370, maka setidaknya mulai terjawab misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines yang berpenumpang 227 orang dan 12 awak pesawat.

Selain di pulau Reunion, sebelumnya juga ditemukan partikel aneh di  Kepulauan Andaman oleh seorang pakar teknologi India, Anoop Madhav Yeggina, serta temuan benda keras mirip bagian pesawat oleh kapal GeoResonance di Teluk Bengal.

Reunion6

Namun peneliti Australia memastikan tidak satu pun dari temuan itu yang mirip bagian tubuh Boeing 777.   Tim itu meyakini yang ditemukan itu bagian dari pesawat kecil yang jatuh pada  4 Mei 2006 di selatan pulau Andaman, atau bisa pula serpihan pesawat A310 milik Yaman yang terhempas di luar Comoros pada Jun 2009.

Tapi untuk temuan di Reunion ini sudah dipastikan merupakan bagian dari Boeing 777. Apakah itu milik MH 370? Ini yang masih menjadi tanda tanya, walaupun sangat kuat dugaan ke sana.

Serpihan pesawat yang ditemukan
Serpihan pesawat yang ditemukan

Sebagaimana diberitakan, pada 8 Maret tahun lalu penerbangan MH370 hilang dari radar dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Pada 29 Januari tahun ini, kerajaan Malaysia secara rasmi menegaskan bahwa  insiden itu sebagai sebuah bencana  penerbangan yang sangat besar karena menewaskan 239 orang yang ada di pesawat tersebut.  ** *Reuter

Below Article Banner Area

Baca Juga

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...