Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Kelak jika disetujui RUU KUHP, Hukuman Bui di Bawah 6 Bulan Dapat diganti Kerja Sosial

Kelak jika disetujui RUU KUHP, Hukuman Bui di Bawah 6 Bulan Dapat diganti Kerja Sosial

13kuhp

Di dalam revisi KUHP salah satunya menghadirkan jenis pidana baru yaitu kerja sosial. Pelaku kejahatan yang ancaman hukumannya kurang dari 6 bulan penjara, bisa diganti dengan kerja sosial.

Aturan itu sendiri tercantum dalam draf RUU KUHP. Di dalam Pasal 66 menyebutkan bahwa pidana kerja sosial ada di urutan kelima dalam jenis pidana pokok.

Rincian tentang pidana kerja sosial kemudian dijabarkan lagi dalam Pasal 88. Pertimbangan tentang penjatuhan pidana kerja sosial pada pelaku kejahatan dijabarkan.

Seperti apa bunyi pasalnya, berikut lengkapnya:

Ayat 1
Jika penjara yang akan dijatuhkan tidak lebih dari 6 (enam) bulan atau pidana denda tidak lebih dari kategori I maka pidana penjara atau pidana denda tersebut dapat diganti dengan pidana kerja sosial

Ayat 2
Dalam penjatuhan pidana kerja sosial sebagaimana dimaksud pada ayat (1), wajib dipertimbangkan hal-hal sebagai berikut:
a. Pengajuan terdakwa terhadap tindak pidana yang dilakukan;
b.Usia layak kerja terdakwa sesuai dijelaskan mengenai tujuan dan segala hal yang berhubungan dengan pidana kerja sosial;
c.Persetujuan terdakwa sesudah dijelaskan mengenai tujuan dan segala hal yang berhubungan dengan pidana kerja sosial;
d.Riwayat sosial terdakwa;
e.Perlindungan keselamatan kerja terdakwa;
f.Keyakinan Agama dan politik terdakwa:
g.Kemampuan tedakwa membayar pidana denda

Ayat 3
Pelaksanaan pidana kerja sosial tidak boleh dikomersialkan
Pidana kerja sosial dapat dijalani oleh pelaku kejahatan minimal 7 jam dan paling lama 240 jam. Hukuman ini pun bisa dicicil selama 12 bulan.

Peraturan tentang pidana kerja sosial ini sendiri masih akan dibahas oleh pemerintah dan DPR. Pembahasan akan dimulai pada pertengahan Agustus 2015 nanti. Diperkirakan pembahasan selesai paling cepat 2 tahun mendatang.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...