Home / Berita / Nasional / Kementerian Agama Tetapkan 10 Juli Menjadi Awal Ramadhan 2013

Kementerian Agama Tetapkan 10 Juli Menjadi Awal Ramadhan 2013

Ilustrasi (merantionline.com)
Ilustrasi (merantionline.com)

Aktual Post – Setelah menanti selama beberapa hari, akhirnya kementerian agama indonesia sudah memutuskan awal Ramadhan di tahun 2013 ini. Keputusan dalam menentukan awal bulan suci Ramadhan dilakukan dalam sebuah sidang isbat di kementerian agama, yang mana sidang tersebut di pimpin oleh Agama Suryadharma Ali dan diikuti belasan organisasi masyarakat Islam.

Dari hasil sidang yang dilakukan, kementrian agama akhirnya memutuskan kalau Awal Ramadhan 1434 H jatuh pada hari Rabu, 10 juli 2013. Dengan begitu, mereka yang beragama islam dapat memulai puasa pada hri tersebut. Meski adanya perbedaan awal puasa dari Muhammadiyah, pemerintah sudah menekankan kepada seluruh umat muslim di indonesia untuk mengikuti ketetapan kementrian agama demi adanya kebersamaan.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kami tetapkan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1434 Hijriah adalah bertepatan hari Rabu, 10 Juli 2013,” kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Kementerian Agama, Senin (8/7/2013) petang. Dengan nada yang agak datar, beliau memutuskan pertanggal 10 juli mendatang akan menjadi awal dari bulan suci Ramadhan 1434 H.

Keputusan yang diambil kementerian agama dalam sidang isbet tersebut sudah disetujui oleh para organisasi islam, termasuk oleh majelis ulama indonesia (MUI) yang ikut dalam sidang tersebut. Selain MUI, Dewan Masjid Indonesia juga hadir dalam persidangan tersebut.

Beberapa organisasi masyarakat islam juga banyak yang menghadiri persidangan ini, sehingga tidak ada alasan bagi kita umat muslim tidak mengikuti ketentuan yang sudah ditetap kementrian agama. Apa yang menjadi keputusan kementerian agama sendiri menjadi sebuah kontroversi dengan Muhammadiyah, karena Muhammadiyah menetapkan tanggal 9 juli 2013 sebagai awal dari bulan suci Ramadhan 1434 H.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...