Home / Berita / Nasional / Kemlu Beberkan Identitas 4 Sandera yang dibebaskan di Filipina, Siapa Saja?

Kemlu Beberkan Identitas 4 Sandera yang dibebaskan di Filipina, Siapa Saja?

Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi

 

Kementerian Luar Negeri sudah membuka identitas keempat WNI sandera kelompok bersenjata di Filipina yang telah berhasil dibebaskan, setelah pada Rabu sore sekitar pukul 16.00 WIB kemarin. Kabar itu diumumkan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta.

“Baru saja saya melakukan kontak dengan tim Indonesia yang ada di lapangan untuk sekali lagi memastikan bahwa keluarga kita ini dalam keadaan baik,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta, Rabu (11/5) malam.

Menurut data Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu, keempat WNI itu adalah Anak Buah Kapal (ABK) tugboat bernama Kapal Henry milik perusahaan PT Global Trans-Energy.

Adapun Ke-4 WNI yang telah berhasil dibebaskan itu yakni Moch Aryani (master) asal Bekasi Timur, Jawa Barat, Loren Marinus Petrus Rumawi (chief officer) asal Sorong, Papua Barat, Dede Irfan Hilmi (second officer) asal Ciamis, Jawa Barat, dan Samsir (anak buah kapal) asal Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

“Kita sudah melakukan komunikasi dengan keluarga sandera untuk menyampaikan kondisi mereka sehat dan sudah bebas sehingga keluarga merasa tenang,” papar Menlu Retno seperti dikutip Antara.

Untuk saat ini keempat WNI itu masih dijaga otoritas Filipina untuk menjalani pemeriksaan di salah satu rumah sakit di Sulu, Filipina, untuk memastikan kondisi kesehatan mereka.

Sedangkan, proses pemulangan mereka ke Indonesia masih dibahas oleh menlu RI, Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan otoritas Filipina.

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...