Home / Berita / Nasional / Kenapa Harta Fadli Zon Belum Bisa Dilihat Publik?

Kenapa Harta Fadli Zon Belum Bisa Dilihat Publik?

Hingga kini harta kekayaan Fadli Zon belum bisa dilihat publik.

Kenapa Harta Fadli Zon Belum Bisa Dilihat Publik

Dalam keterangannya Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi, Pahala Nainggolan memaparkan harta Wakil Ketua DPR Fadli Zon belum bisa dilihat publik meskipun datanya telah diterima pihak lembaga antirasuah.

“KPK sudah terima laporannya tahun 2014, tapi sekarang sedang diproses ke tambahan berita negara. Kalau sudah keluar, baru bisa diunggah” ungkap Pahala, seperti yang dilansir CNN (Jumat, 18/3).

Pada tahun tersebut, Fadli berhasil melenggang ke Senayan. Pada awal masa sidang, ia didaulat menjadi Wakil Ketua DPR. Pahala memaparkan proses menautkan laporan harta pejabat negara ke tambahan berita negara harus dilakukan sebelum publik dapat mengaksesnya melalui acch.kpk.go.id.

Hal serupa juga terjadi dengan harta milik Ketua DPR, Ade Komaruddin. Politikus Golkar yang akrab disapa Akom ini tercatat memperbaharui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya pada Juli 2010.

Namun ketika ditilik ke laman resmi KPK, LHKPN terbaru milik Ade tidak dapat ditemukan. LHKPN politikus Partai Golkar itu tercatat diperbarui 15 tahun silam. Merujuk data KPK per tanggal 17 Maret 2016, sebanyak 72,69 persen atau 9.760 pejabat legislatif belum melaporkan hartanya.

Sementara itu sebanyak 64.275 atau sekitar 28,84 persen legislator belum menyerahkan LHKPN. Untuk pejabat yudikatif, sebanyak 1.547 belum menyerahkan daftar harta kekayaannya. Hal serupa dilakukan oleh 5.475 pejabat BUMN dan BUMD.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...