Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / Kenapa Uang Logam Koin Perlu Ditukar?

Kenapa Uang Logam Koin Perlu Ditukar?

“Uang logam itu tidak optimal perputarannya”

Kenapa Uang Logam Koin Perlu Ditukar

Seperti yang diketahui jika Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menggelar gerakan peduli koin nasional berjudul “Bela Kalteng” singkatan dari “Belanjakan Logam Anda, Kantong Lebih Enteng” pada Sabtu (20/8/2016). Lantas apa alasan digelar acara tersebut?

Pasalnya penggunaan uang logam atau koin oleh masyarakat masih kurang optimal. Secara nasional dalam satu dasawarsa terakhir jumlah uang logam yang diproduksi mencapai Rp 6 triliun, tapi yang kembali hanya Rp 900 miliar atau 16 persen.

“Kami melihat di masyarakat ada fenomena uang logam itu tidak optimal perputarannya dan beberapa pedagang ritel mulai menggunakan pengembalian bukan dalam bentuk uang tapi dalam bentuk barang seperti permen dan sejenisnya” kata Deputi Kepala Kantor Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Setian (20/8/16).

Gerakan koin nasional “Bela Kalteng” digelar pukul 08.00-12.00 di halaman kantor BI Kalteng, di Palangkaraya. Masyarakat tampak antusias membawa uang logam dan menukarkannya ke Bank Indonesia. Disediakan suvenir bagi 100 penukar pertama dan doorprizeberupa televisi, lemari es, dan sepeda.

“Ditargetkan kegiatan ini bisa menyerap Rp 25 juta uang logam” tambah Deputi Kepala Kantor Bank Indonesia Kalimantan Tengah Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern, Harif Winanto.

Di Kalimantan Tengah pada 2014 Bank Indonesia mengeluarkan Rp 5,7 miliar uang logam, tetapi yang kembali hanya Rp 476 juta. Adapun pada 2015 Bank Indonesia mengeluarkan Rp 6,7 miliar uang logam, tetapi yang kembali hanya Rp 310 juta. Sedangkan pada 2016 hingga semester satu, Bank Indonesia mengeluarkan Rp 4,2 miliar dan yang kembali hanya Rp 1,1 juta.

Below Article Banner Area

Baca Juga

amnesti_pajak889

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...