Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Kenapa Wanita Cenderung Mengalami Depresi ?

Kenapa Wanita Cenderung Mengalami Depresi ?

depresi

Wanita cenderung menderita depresi dan gangguan yang terkait dengan kegelisahan karena hormon seks estrogen mengantarkan darah lebih banyak ke kepala wanita muda dibandingkan para pria.

Perbedaan ini nampak selama pubertas, tulis sebuah penelitian. “Hasil ini mungkin memiliki dampak penting untuk gangguan neuropsychiatric yang muncul di masa remaja dan perbedaan gender yang kuat seperti gangguan mood, gangguan kegelisahan dan schizophrenia,” kata Theodoore Satterthwaite, profesor University of Pennsylvania.

Secara umum, wanita memiliki kecenderungan lebih tinggi terkena depresi dan kegelisahan sedangkan para pria lebih berpeluang terkena schizophrenia, jelas Satterthwaite. Untuk penelitian itu, para peneliti menggunakan scan magnetic resonance imaging (MRI) untuk menganalisa perubahan aliran darah dari 922 anak muda berusia 8 hingga 22 tahun untuk menemukan kapan perubahan seks terjadi.

Penelitian itu menemukan bahwa bagian otak seorang gadis mengalami peningkatan aliran darah yang tinggi yang berpengaruh pada emosi dan mengontrol situasi sosial.

“Bagian-bagian otak memperoleh pasokan darah yang tertinggi di mana bagian tersebut terhubung dengan fungsi kognitif,” kata Satterthwaite.

Penelitian ini diterbitkan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...