Home / Bisnis / Artikel / Kepala Bappenas : Yang Nolak Kereta Cepat, Coba Lihat Sejarah Pendirian TMII

Kepala Bappenas : Yang Nolak Kereta Cepat, Coba Lihat Sejarah Pendirian TMII

kereta cepat miniatur

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Sofyan Djajil meminta kepada para pengkritik atau ‘haters’ kereta cepat Jakarta-Bandung untuk belajar dari sejarah pendirian Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur.

Memangnya Kenapa?

Ketika mulai dibangun pada era Presiden Soeharto, Sofyan menyebut banyak pihak melayangkan penolakan keras tetapi kehadirannya kemudian dipuji dan dinilai bermanfaat bagi masyarakat usai pembangunan fisik tuntas dilaksanakan.

“Bahwa infrastruktur jangan mikir hari ini, kontroversi wajar. Coba kalau dulu nggak ada inisiasi Taman Mini, nggak bakal ada sekarang, orang sekarang apresiasi Taman Mini. Itu inisiasi dulu Bu Tien,” ujarnya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (5/2).

Ditambahkan oleh Sofyan, masih banyak proyek-proyek yang sebelumnya mendapat penolakan keras namun manfaatnya baru terasa setelah puluhan tahun dibangun.

“Coba lihat jalan layang Kuningan oleh Ali Sadikin. Orang pada ribut dulu, kalau nggak ada jalan Kuningan, kayak bagaimana macetnya. Saya hanya bicara prospek ke depan, jangan sampai hidup di negara yang chaotic (semrawut),” jelasnya.

 

 

 

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...