Home / Headline / Kepala BNPT Tegaskan Kalau Kelompok Santoso Sudah Melemah & Kehabisan Energi

Kepala BNPT Tegaskan Kalau Kelompok Santoso Sudah Melemah & Kehabisan Energi

kepala bnpt

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komisaris Jenderal Tito Karnavian menyatakan kalau saat ini kelompok Mujahidin Indonesia Timur pimpinan Santoso alias Abu Wardah kian melemah dan kehabisan energi. Usai pada Jumat (15/4) dua lagi anggotanya tertangkap, saat ini pengikut Santoso tinggal 26 orang.

Seperti diketahui kalau pada akhir 2015 lalu pengikut Santoso tercatat masih 41 orang. Dalam dua bulan terakhir Tim Satuan Tugas Tinombala gabungan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian RI berhasil menangkap 14 pengikut Santoso. Ada yang tertangkap dalam keadaan hidup dan beberapa tewas akibat baku tembak.

Dari keterangan pengikut yang tertangkap dalam kedaan hidup itu, diperoleh informasi bahwa saat ini Santoso dan ke-26 anggotanya yang tersisa sudah mulai kehabisan energi.

Santoso dan pengikutnya pun mulai terpecah-pecah dan moralnya pun jatuh.

“Kelompok ini (Santoso Cs) sudah melemah, kehabisan energi, moral mereka jatuh, mereka terpecah-pecah,” ujar Tito usai menjadi pembicara di acara The General Briefing on Counter-Terrorism di Hotel Borobudur, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/4).

Dilanjutkan oleh Tito, Tim Satgas Tinombala TNI-Polri, tidak hanya berhasil melemahkan kekuatan kelompok Santoso. Satgas juga berhasil memutus rantai pasokan logistik sehingga kelompok Santoso kelaparan dan turun gunung.

Pun halnya jalur komunikasi berhasil diputus sehingga informasi kelompok Santoso dari luar berkurang.

“Setelah adanya operasi Tinombala, pengepungan-pengepungan ini. Jadi jalur logistik mereka berkurang, jadi hilang. Kelaparan mereka. Jalur info juga berkurang. Otomatis jalur informasi mereka dari luar berkurang,” jelas Tito.

 

 

 

 

 

Baca Juga

Ada yang ‘Meracuni’ Anak-anak Indonesia

Jakarta – Penyanyi senior Titiek Puspa mengatakan kondisi anak-anak Indonesia saat ini sangat mengkhawatirkan. Dia ...