Home / Berita / Kepala PPATK sebut Kalau Pasokan Dana Teroris Lakukan aksi di Indonesia, Terbanyak dari Australia

Kepala PPATK sebut Kalau Pasokan Dana Teroris Lakukan aksi di Indonesia, Terbanyak dari Australia

yusuf-ppatk_99

 

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Yusuf mengungkapkan kalau sebagian besar pendanaan untuk para teroris melakukan aksinya di Indonesia berasal dari Australia.

“Negara yang pernah kirim dana ke Indonesia paling banyak dari Australia,” ujar Yusuf ketika rapat bersama Panitia Khusus revisi UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Terorisme di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (8/9).

Lebih lanjut dijelaskan, Australia mengirimkan dana sebesar kurang lebih Rp88,5 Milliar ke para “foreign terorisme fighter” yang ada di Indonesia.

M Yusuf mengungkapkan kalau frekuensi dana yang masuk dari Australia itu sebanyak 97 kali melalui berbagai cara baik perseorangan atau kelompok.

“Lalu negara lainnya yang juga dianggap banyak mengirimkan dugaan pendanaan terorisme ada di Brunei dengan kisaran Rp2,6 Milliar. Disusul dengan Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan dan Thailand,” paparnya.

Yusuf juga menyampaikan adanya pemasok uang untuk jaringan teroris, yaitu berasal dari Australia dan negara-negara timur tengah seperti Irak, Lebanon dan Turki serta beberapa nama yayasan di Indonesia.

 

Baca Juga

Rute Alternatif TransJ Atasi Macet Hasil Perintah Sandiaga

Jakarta – Instruksi Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno kepada jajaran PT TransJakarta (TransJ) ...