Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Regional / Keraton di Kota Jokowi Lebaran Kamis 7 Juli, Loh Kenapa?

Keraton di Kota Jokowi Lebaran Kamis 7 Juli, Loh Kenapa?

“Sesuai dengan kalender Sultan Agung atau kalender Jawa, yang sejak dulu memang digunakan oleh Keraton Kasunanan Surakarta sebagai penerus dinasti Mataram Islam” kata Winarno Kusumo, Senin (4/7/2016).

Keraton di Kota Jokowi Lebaran Kamis 7 Juli, Loh Kenapa

Rupanya Keraton Kasunanan Surakarta memutuskan merayakan 1 Sawal pada hari Kamis 7 Juli 2016, atau sehari setelah 1 Syawal yang ditetapkan Pemerintah. Penetapan itu sesuai patokan penanggalan yang dipakai oleh keraton penerus dinasti Mataram Islam tersebut semenjak awal berdirinya.

Dalam keterangannya Wakil Pengageng Sasono Wilopo Keraton Surakarta, KPA Winarno Kusumo mengatakan sesuai penanggalan Sultan Agung, 1 Sawal 1949 Tahun Jawa jatuh pada hari Kamis Pon bertepatan dengan 7 Juli 2016. Itu artinya penetapan tersebut berbeda dengan hasil isbat pemerintah.

“Kami menetapkan penanggalan sesuai dengan kalender Sultan Agung atau kalender Jawa, yang sejak dulu memang digunakan oleh Keraton Kasunanan Surakarta sebagai penerus dinasti Mataram Islam” kata Winarno Kusumo, Senin (4/7/2016).

Penanggalan Jawa adalah karya Sultan Agung Hanyokrokusumo raja Mataram pada tahun 1547 Saka atau tahun Jawa yang bertepatan dengan tahun 1625 Masehi atau 1035 Hijriyah. Saat itu Sultan Agung mengubah tahun Saka yang semula berdasarkan perhitungan peredaran matahari menjadi berdasarkan peredaran bulan.

Nama bulan-bulannya disesuaikan dengan nama-nama bulan penangggalan hijriah. Sebagai penanda perayaan lebaran, Keraton Surakarta akan menggelar acara tradisi yang selalu dilakukan setahun sekali yaitu Grebeg Sawal. Keraton akan mengeluarkan sepasang gunungan yang terbuat dari nasi dan lauk-pauk lengkap.

“Grebeg Sawal akan digelar pada 2 Sawal atau hari Jumat. Hal itu dilakukan untuk memberi kesempatan kepada para abdidalem terlebih dulu berlebaran dengan keluarga dan sanak kerabat pada tanggal 1 Sawal”

“Baru pada 2 Sawal, abdidalem akan sowan ke Keraton untuk berlebaran dan mengarak gunungan Grebeg Sawal” pungkas Winarno.

Below Article Banner Area

Baca Juga

ketua-pengadilan-agama-kepergok-di-hotel-lagi

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...