Home / Berita / Ketua DKPP Jimly Berharap Penyelenggara Pilkada Jaga Netralitas, ini Alasannya

Ketua DKPP Jimly Berharap Penyelenggara Pilkada Jaga Netralitas, ini Alasannya

jimly_baju-batik

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jimly Asshiddiqie meminta pada seluruh penyelenggara pemilu baik provinsi, kabupaten dan kota untuk menjaga netralitas.

“Semua penyelenggara pemilu yang diselenggarakan pada 101 daerah saat pilkada 2017 besok ini harus tetap menjaga netralitas dan integritas,” demikian pintanya dalam sambutan di acara Launching Pilkada DKI Jakarta di Lapangan Banteng, Minggu (18/9).

Berdasarkan pada data pengaduan pilkada pada tahun lalu, DKPP mendapatkan aduan dengan jumlah ratusan sama halnya dengan perkara yang masuk di Mahkamah Konstitusi (MK).

Adapun sebagian besar aduan dari pasangan calon dikarenakan netralitas penyelenggara pemilu yang dinilai telah menyalahi kewenangan dan melakukan kecurangan dengan membantu salah satu pasangan.

“Hampir sebagian besar itu soal netralitas penyelenggara di luar kecurangan dugaan politik uang dan juga dugaan kecurangan lain,” lanjutnya.

Untuk itu, Jimly berharap agar pelaksanaan pilkada serentak 2017 dapat berlangsung secara baik dan berintegritas, serta tidak perlu lagi ada laporan aduan kepada DKPP.

 

 

Baca Juga

Tolak PKI dan Perppu Ormas, Aksi 299 akan Digelar di DPR

Jakarta – Aksi turun ke jalan akan dilakukan pada Jumat (29/9) nanti. Aksi ini akan ...