Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ketua DKPP tegaskan, kalau Petahana Wajib Cuti Kalau Ingin Bertarung di Pilkada

Ketua DKPP tegaskan, kalau Petahana Wajib Cuti Kalau Ingin Bertarung di Pilkada

Jimly Asshidiqqie88

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) Jimly Asshidiqqie‎ menegaskan bahwa petahana mempunyai kewajiban untuk cuti kalau hendak mengikuti pertarungan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Termasuk juga Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang sebelumnya menyatakan tidak setuju jika petahana harus cuti.

“Aturan mengenai cuti (petahana) itu sifatnya bukan hak tapi kewajiban. Kewajiban yang harus dipenuhi cegah conflict of interest,” ujar Jimly di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (8/8).

‎Jimly yang merupakan bekas Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menegaskan bahwa pemerintahan akan tetap jalan meskipun kepala daerahnya melakukan cuti.

Sebab menurutnya, kalau kepala daerah ataupun kepala negara berhalangan bertugas maka akan ada wakil yang menggantikan.

“Negara jalan terus, walaupun kepala daerah, menteri meninggal, sakit‎. Presiden berhalangan pun ada wakil, negara sebagai institusi jalan terus,” paparnya.

Soal Ahok yang sudah mengajukan judicial review terhadap undang-undang yang mengatur petahana harus cuti, menurut Jimly hal itu diserahkan kepada MK.

“Yang jelas, cuti itu dimaksudkan untuk menghindarkan konflik kepentingan, agar petahana tidak gunakan kepentingan negara untuk pribadi. Jadi jangan disalah‎artikan,” imbuhnya.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

pilgub-dki-2017-ppp-pecah-jadi-tiga

Pilgub DKI 2017, PPP Pecah Jadi Tiga!

PPP pecah menjadi tiga bagian sehingga mendukung semua calon yang maju di Pilgub DKI 2016. ...