Home / Berita / Ketua DPR Berharap Pemerintah proaktif, Urus 2 WNI yang ditangkap di Turki

Ketua DPR Berharap Pemerintah proaktif, Urus 2 WNI yang ditangkap di Turki

akom33

Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom) mendesak pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) agar proaktif membantu penanganan masalah penangkapan 2 mahasiswa Indonesia, yang dituduh otoritas Turki terlibat dengan jaringan Fethullah Gulen.

Akom menilai kalau masalah ini mesti secepatnya diselesaikan agar kedua mahasiswa itu bisa segera dibebaskan dan melanjutkan proses belajarnya di negara tersebut.

“Saya berharap, Kemenlu bisa proaktif mengatasi masalah yang dihadapi oleh dua mahasiswi kita di Turki. Mereka sekarang memerlukan campur tangan negara atas masalah yang dihadapinya, agar mereka bisa seperti sedia kala, belajar dengan baik,” kata Akom di Gedung DPR RI Senayan, Jumat (19/8).

Lebih lanjut Akom meyakini kalau para mahasiswa Indonesia yang sedang berada di luar negeri tujuannya murni hanya untuk mengejar pendidikan mereka. Tuduhan keterlibatan para mahasiswa Indonesia oleh otoritas Turki itu, diyakini Akom sebagai sebuah ketidaksengajaan, karena berbagai kegiatan pendidikan yang mereka jalani di negara dengan intensitas gejolak politik yang tinggi itu.
“Yang pasti, negara harus beri perlindungan serta proaktif agar dapat keluar dari masalahnya. Dengan diplomasi Kemenlu, saya rasa hal ini bisa diselesaikan dengan baik,” imbuhnya.

 

 

 

Baca Juga

Masalah Tahun Politik Biasa Saja

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla optimistis menghadapi tahun politik. Menurutnya, laju pertumbuhan dapat berjalan ...