Home / Berita / Nasional / Ketua Komisi I DPR : Presiden Jokowi Harus Perjelas Kebijakan Boikot Produk Israel

Ketua Komisi I DPR : Presiden Jokowi Harus Perjelas Kebijakan Boikot Produk Israel

-mahfudz-siddiq

 

Ketua Komisi I DPR, Mahfuz Sidik meminta agar Presiden Joko Widodo memperjelas pernyataannya soal rencana memboikot produk-produk Israel, karena ada alat pertahanan dan keamanan Indonesia yang memakai produk Israel.

“Apakah boikot itu menyangkut produk-produk konsumsi atau juga produk pertahanan keamanan. Karena banyak alat penyadapan yang merupakan produk Israel di beberapa lembaga,” ujarnya di Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa (8/3) seperti dilansir Antara.

Ditambahkan olehnya, beberapa radar yang digunakan di Indonesia adalah produk Israel, meskipun membelinya dari beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Ia pun mengatakan Indonesia sebenarnya tidak tergantung dengan produk pertahanan dan keamanan Israel karena sumber pengadaan alat pertahanan berasal dari Rusia dan AS.

“Selama ini kita membeli radar dari Eropa dan Amerika Serikat dari produk Israel namun apakah itu berafiliasi dengan perusahaan Israel atau tidak,” jelasnya.

Untuk itu, ia meminta Presiden memperjelas seruannya itu hanya sebatas seruan moral atau seruan politik, kalau seruan moral maka tidak perlu adanya aturan rinci.

Sedangkan menurut dia, kalau seruan itu merupakan kebijakan politik maka harus ada Peraturan Presiden sehingga tidak menciptakan kebingungan di masyarakat.

Seperti diketahui kalau sebelumnya Presiden Joko Widodo mengatakan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) memiliki kepentingan untuk menguatkan tekanan kepada Israel, termasuk memboikot produk yang dihasilkannya di wilayah pendudukan.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi dalam pidato penutupan Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa OKI, di Jakarta, Senin (7/3).

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...