Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Ketua Umum MUI, Din Syamsuddin : Fatwa MUI soal BPJS Kesehatan, Tak Ada Kata Haram

Ketua Umum MUI, Din Syamsuddin : Fatwa MUI soal BPJS Kesehatan, Tak Ada Kata Haram

din

Akhir-akhir ini ramai diperbincangkan mengenai Fatwa MUI terkait BPJS Kesehatan. Berita yang beredar, bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharamkan BPJS. Namun ternyata, menurut MUI tak ada fatwa haram yang dikeluarkan.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Din Syamsuddin menegaskan bahwa tidak ada pernyataan haram di dalam hasil kesimpulan Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI se-Indonesia Tahun 2015 di Tegal terkait Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, beberapa waktu silam.

Apa yang dikatakan Din ini sekaligus mengklarifikasi sejumlah pemberitaan di media massa yang menyatakan bahwa BPJS Kesehatan haram.

“Secara umum saya memahaminya, itu tidak ada satu pun kata yang menegaskan bahwa BPJS Kesehatan itu haram. Dalam kesimpulan itu tidak ada satu pun yang menegaskan itu haram,” ujar Din di area Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Universitas Muhammadiyah Makassar, Sabtu (1/8).

Ditambahkan olehnya, dirinya mengaku terkejut mengapa hasil kesimpulan Komisi Fatwa itu bocor ke publik.

Menurut dia, seharusnya hasil kesimpulan tersebut dibahas terlebih dahulu di tingkat rapat pimpinan MUI yang rencananya akan digelar pekan depan setelah Muktamar Muhammadiyah.

“Apakah itu nantinya berbentuk fatwa atau rekomendasi, itu akan disampaikan secara resmi kepada pemerintah melalui pernyataan tertulis,” ungkapnya.

Walaupun demikian, Din mengamini, jika berdasarkan sudut pandang Komisi Fatwa MUI terdapat beberapa hal yang perlu menjadi catatan pemerintah di dalam pelaksanaan program BPJS Kesehatan. Beberapa catatan itu diantaranya BPJS Kesehatan dianggap mengandung unsur gharar (ketidakjelasan), maisir (memiliki unsur pertaruhan) dan riba.

“Oleh karena itu hal ini perlu mendapat penjelasan dari pemerintah karena masyarakat saat ini memandang pentingnya hal-hal yang berbau syariah,” jelasnya.

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...