Home / Berita / Nasional / Ketua Umum PB NU minta Zakat Fitrah disalurkan Secara Baik agar Tidak ada satupun yang Kelaparan di hari Raya

Ketua Umum PB NU minta Zakat Fitrah disalurkan Secara Baik agar Tidak ada satupun yang Kelaparan di hari Raya

zakat fitrah

 

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) menginstruksikan kepada segenap umat Islam yang mempunyai kelebihan bahan makan pokok di malam Idul Fitri untuk menunaikan kewajiban zakat fitrah.

“Ibadah zakat fitrah dan disalurkan secara baik agar di hari raya Idul Fitri tidak ada satupun orang yang kelaparan dan meminta-minta untuk sekedar makan,” papar Ketua Umum PB NU, Said Aqil Siroj, seusai konferensi pers penetapan 1 Syawal 1437 Hijriyah jatuh pada Rabu 6 Juli 2016, di Jakarta, Senin (4/7).

Kajian banyak pihak menyatakan, potensi mobilisasi dana dari zakat material di kisaran Rp287 triliun setahun, mirip dengan anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ditambahkan Siradj, ia meminta para amil zakat aktif mendistribusikan zakat fitrah dan proaktif memastikan tidak ada seorang pun yang kelaparan di hari raya.

“Zakat Fitrah harus sudah terdistribusikan kepada yang berhak sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri,” paparnya.

PB NU pun menyerukan kepada semua pihak, termasuk penyelenggara negara, supaya momentum perayaan Idul Fitri 1437 Hijriyah, dipergunakan juga sebagai momentum silaturrahmi nasional dan memperbaiki akhlak bangsa agar pembangunan bangsa selalu diberi keberkahan Allah SWT.
 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...