Home / Berita / Nasional / Khofifah Indar Parawansa, Bagaimana Tekan Angka Kemiskinan?

Khofifah Indar Parawansa, Bagaimana Tekan Angka Kemiskinan?

Pemerintah dalam Kepemimpian Joko Widodo – Jusuf Kalla, menargetkan untuk menurunkan angka kemiskinan dari yang saat ini 10,96 persen menjadi 7 persen .

Seperti diungkapkan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bahwa target tersebut tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Negera (RPJMN).

“Jadi RPJMN itu sudah menargetkan penurunan kemiskinan dari 10,96 sampai 7. Berarti ada empat persen penurunan kemiskinan selama kepemimpinan Pak Jokowi-JK. Kita me-refer Undang-undang Penanganan Fakir Miskin, itu ditentukan menteri berurusan sosial yakni kementerian sosial. Juga disebutkan verifikasi dan validasi data juga oleh menteri urusan sosial. “ ujar Khofifah di Malang, Jawa Timur, kemarin (20/05/2015).

Oleh karena itu menurut menteri sosial, dibutuhkan lembaga yang relatif lebih powerful untuk melakukan koordinasi yang baik antar kementerian dan antar lembaga, antar pemerintah pusat dan daerah .
“Akhirnya kita mengajukan agar diterbitkan Perpres, ada satu pejabat eselon I, Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin. Itu intinya.” Kata Khofifah.

Dalam Pasal 11 dan Pasal 14 Undang-Undang Dasar Nomor 38 tahun 2008 tentang Kementerian Negara yang telah ditanda tangani oleh Presiden Joko Widodo, dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 46 Tahun 2015 tentang Kementerian Sosial menyebutkan bahwa salah satu organisai Kementerian Sosial adalah Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin. Namun hingga saat ini Dirjen ini masih dalam penataan organisasi.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...