Home / Tekno / Gadget / Koneksi Internet Hp Android Ingin Lebih Kencang? Ini Caranya

Koneksi Internet Hp Android Ingin Lebih Kencang? Ini Caranya

koneksi_android_cepat

Berselancar di dunia maya alias melakukan internetan sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat. Hampir di setiap pelosok wilayah, selalu saja ada yang punya handphone alias smartphone.

Seiring perjalanan waktu, kecanggihan Hp terus berkembang. Setiap saat selalu saja bermunculan Hp jenis baru yang sudah barang tentu dengan perangkat lebih canggih pula.

Salah satunya adalah kemunculan perangkat gadget Hp Android. Meski sudah terbilang canggih, tapi rasanya kalau tidak ada koneksi internet akan sia-sia saja. Beragam fitur pesan instan, sosial media, web, email, dan lain sebagainya hanya jadi hiasan semata, tidak terpakai.

Tapi kemudian muncul pertanyaan, kalau sudah ada internet terkadang koneksinya lambat alias kalau anak muda bilang ‘lemot’.

Nah, bagaimana caranya agar Hp Android punya koneksi internet cepat?

Bagi yang menginginkan Hp Android punya koneksi internet lebih kencang, sebetulnya tidak begitu sulit. Tidak perlu software khusus ataupun penambahan antena yang tidak perlu dan merepotkan.

Yang perlu dilakukan adalah cukup dengan melakukan setting atau pengaturan jaringan data yang tepat pada perangkat gadget Hp Android Anda. Dalam hal ini, pengaturan jaringan akan dibagi dua berdasarkan sistem operasi android yang diusung oleh perangkat itu.

Pengaturan Koneksi Internet Untuk OS Gingerbread Ke Atas
Bagi pengguna smartphone Android dengan OS di atas GingerBread, baik Ice Cream Sandwitch, Jelly Bean, maupun KitKat, maka Anda cukup mengatur settingan jaringan Hp Android Anda di menu mobile network.

Pengguna Hp Android bisa mengatur jaringan dengan memilih mode “WCDMA only” dibanding menu Auto mode (default) ataupun “GSM only”.

Pengaturan Koneksi Internet Untuk OS Gingerbread Ke Bawah
Buat Anda pengguna Hp Android yang masih menggunakan OS Android GingerBread ke bawah, apabila Anda tidak menemukan menu mobile network, maka Anda bisa mengatur jaringan yang menjadi opsi utama untuk digunakan di perangkat smartphone dengan kode tertentu, misalnya saja di smartphone Samsung dengan kode *#*#2263#*#*.

Dengan cara ini, maka Hp Android akan terus memilih jaringan 3WCDMA atau 3G untuk dijadikan opsi utama. Hal tersebut akan membuat koneksi internet akan otomatis lebih cepat dan stabil.

Kelemahan dari Pengaturan Seperti diatas
Walau demikian Anda perlu juga mengetahui kalau menggunakan opsi “WCDMA only” ini akan mengorbankan kekuatan sinyal, sehingga kemungkinan kekuatan sinyal yang diterima tidak akan begitu maksimal, sebab smartphone diprogram untuk mengutamakan mengambil jaringan 3G di udara. Sementara WCDMA sudah bisa dikatakan sebagai jaringan 3,5G yang sudah barang tentu akan lebih kencang.

 

 

 

 

 

Baca Juga

Xiaomi Rilis Mi VR Untuk Beberapa Perangkat

Xiaomi mencoba kembali terjun ke dunia VR (Virtual Reality) setelah sebelumnya merilis Mi VR Play. ...