Home / Berita / Politik / Kongres Partai Demokrat Berakhir, Hasilkan Sejumlah Keputusan

Kongres Partai Demokrat Berakhir, Hasilkan Sejumlah Keputusan

313264_kongres-partai-demokrat-ke-iv-di-surabaya_663_382

Akhirnya Kongres IV Partai Demokrat (PD) yang dilangsungkan di kota Surabaya berakhir. Selain berhasil memilih Ketua Umum yang baru untuk periode lima tahun ke depan, Partai Demokrat juga mengeluarkan sejumlah keputusan.

Untuk menyongsong Pilkada dan Pileg 2019, PD menetapkan target pemenangan di dua hajatan nasional ini.

“Target pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota 30 persen. Target pileg 25 persen,” ungkap Ketua Komisi C Sukawi Sutarip saat membacakan hasil komisi di sidang paripurna Kongres IV PD.

Kemudian juga keputusan seputar program umum PD selama lima tahun. Ada tiga program yakni penguatan partai menuju modernisasi. Kedua, pemenangan Pilkada dan Pemilu. Serta yang ketiga Partai Demokrat fokus menyejahterakan rakyat.

Kongres IV Partai Demokrat juga mengesahkan perubahan AD ART dengan beberapa poin yang berbeda. Salah diantaranya penghapusan jabatan ketua harian.

Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam pidato politik penutupan menyampaikan 5 agenda utama dan 10 Rekomendasi.

Lima agenda utama PD untuk lima tahun ke depan, 2015-2020, sebagai berikut :

  1. Modernisasi Partai Demokrat, meliputi: infrastruktur baik fisik maupun sistem dan teknologi informasi; kultur, termasuk pembinaan internal dan prilaku kader; kaderisasi, termasuk regenerasi dan peningkatan kapasitas.
  1. Peningkatan kepemimpinan dan manajemen, mencakup pendidikan dan pelatihan bagi kader Partai Demokrat, atau leadership, 3-8 minggu, dengan sasaran 5 ribu kader utama, baik pusat maupun daerah selama 5 tahun. Dan peningkatan manajemen pusat dan daerah agar Partai Demokrat benar-benar menjadi partai modern
  2. Peningkatan pengabdian kepada rakyat. Untuk rakyat, Partai Demokrat peduli dan beri solusi. Peningkatan pengabdian kepada rakyat akan dilaksanakan melalui kader di jajaran eksekutif, di lembaga legislatif, di jajaran struktur mulai dari pusat sampai daerah dan melalui kader Partai Demokrat melalui perseorangan.
  1. Penyuksesan pilkada, meliputi pemilihan calon terbaik yang berintegritas, kapasitas, elektabilitas. Mengutamakan kader. Menjalankan pilkada langsung dengan perbaikan sesuai dengan Perppu Presiden SBY yang kini telah menjadi Undang-undang tentang pilkada langsung dengan perbaikan-perbaikan yang mendasar.

    5. Penyuksesan Pemilu 2019. Sasaran Partai Demokrat adalah berjaya kembali dalam Pemilu 2019 dengan tetap melaksanakan politik yang cerdas dan beretika. Bukan politik yang buruk. Dan Partai Demokrat siap berkompetisi secara sehat dan ksatria.

 

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...