Home / Artikel Kesehatan / Konsumsi Bawang Putih Bisa Atasi Flu Hanya Dalam Waktu 3 Jam?

Konsumsi Bawang Putih Bisa Atasi Flu Hanya Dalam Waktu 3 Jam?

bawang-putih

 

Musim hujan telah tiba, maka perlu diwaspadai datangnya berbagai penyakit yang mudah menyerang. Salah satunya yang datang pada musim hujan adalah flu. Nah, bila Anda adalah penggemar obat tradisional, maka Anda dapat memanfaatkan bawang putih untuk menangkal penyakit yang identik dengan musim hujan tersebut.

Walaupun mungkin kabar tentang manfaat bawang putih sudah banyak terdengar, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa bawang putih mampu bekerja untuk mengatasi flu hanya dalam waktu tiga jam saja.

Di dalam sebuah uji klinis yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, peserta penelitian diminta untuk mengonsumsi 5gr bawang putih mentah utuh dan bawang putih yang dihancurkan sebelum sampel darah mereka diambil. Hasilnya, hanya dalam waktu tiga jam setelah mengonsumsi bawang putih menunjukkan hasil yang positif. Orang-orang yang mengonsumsi bawang putih mentah utuh menunjukkan tingkat aktivitas gen lebih tinggi yang terkait dengan produksi sel darah putih yang terlibat dalam peningkatan kekebalan tubuh.

Sedangkan para peneliti belum dapat menjelaskan dengan pasti bawang putih dapat memerangi secepat yang terjadi pada peserta penelitian, setidaknya penelitian sebelumnya menguatkan argumen itu.

Penelitian sebelumnya juga terkait dengan efek bawang putih untuk melawan flu.

Salah satu penelitian yang dilakukan tahun 2012 menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi bawang putih setiap hari mengalami aktivitas yang lebih besar dalam sel darah putih sehingga berefek pada pengurangan gejala pada flu yang parah serta mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi plasebo.

Seperti yang dilansir dari prevention.com, para peneliti masih belum dapat menunjukkan pertempuran virus atau senyawa tertentu dalam tubuh. Walaupun begitu, mereka mengungkapkan bahwa nutrisi tertentu dalam bawang putih termasuk vitamin C, mineral (seperti selenium) enzim tertentu dan juga senyawa yang mengandung sulfur diperkirakan berkaitan dengan hal itu.

Kalau Anda ingin menyembuhkan flu dengan mengonsumsi bawang putih, para ahli menyarankan agar mengiris atau menghancurkan bawang putih mentah dan mengonsumsinya. Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk mentah sebagai campuran salad. Menurut para ilmuwan, menghancurkan bawang putih mentah melepaskan enzim alliinase yang pada gilirannya memicu pembentukan allicin, yaitu senyawa yang bersifat antibakteri.

 

Baca Juga

Toyota Jadi Merek Paling Andal Versi Consumer Reports

Washington DC – Merek asal Jepang Toyota masih berhasil meyakinkan konsumen-konsumennya di Amerika. Toyota tercatat ...