Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / KPAI : Tren Kekerasan ke Anak Meningkat

KPAI : Tren Kekerasan ke Anak Meningkat

140128020140422-123514780x390

Hari-hari ini kita dihebohkan masalah penelantaran oleh  orangtua yang dilakukan oleh Utomo Perbowo dan istrinya, Nurindria Sari.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memandang kalau kasus tersebut memperlihatkan bahwa tren kekerasan kepada anak terus meningkat.

“Survei KPAI di 2012 di 9 provinsi, tren kekerasan anak memang meningkat dengan pelaku tertinggi pertama adalah orangtua, dilanjut teman, dan di posisi ketiga berasal dari tenaga pendidik,” kata Komisioner KPAI Susanto dalam jumpa pers di kantor KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/5).

Dilanjutkan olehnya, bahwa masyarakat saat ini masih memposisikan anak sebagai minatur orang dewasa, padahal seharusnya anak diperlakukan sesuai dengan pola tumbuh kembangnya. Pola asuh yang kurang tepat juga bisa menimbulkan disfungsi di keluarga.

“Jika dilihat dari pola asuh cara berpikir lama dan warisan dari orang tua mereka seakan diteruskan. Dulu bagaimana orang tuanya mendidiknya lalu di-copy paste cara itu ketika mereka punya anak, bagaimana disfungsi keluarga menjadi relasinya dan berpotensi juga menimbulkan kekerasan,” tutur Susanto.

KPAI juga melihat ada pula orangtua yang berpikir kekerasan menjadi satu-satunya cara mendidik anak. Tentunya hal ini menjadi kontradiktif dengan upaya perlindungan anak.

Untuk itu, KPAI memberi sejumlah saran kepada orangtua agar bisa menciptakan suasana yang baik bagi pertumbuhan anak. Yang dibutuhkan anak bukan sekadar makan dan minum terpenuhi, namun juga rasa aman dan nyaman.

“Bagaimana membangun suasana yang ramah akan anak, dan lingkungan ramah anak yang integratif, perilaku anak, agresifitas anak, harus diakomodatif dengan baik,” ungkapnya.

Terakhir, kata Susanto bagaimana pendidikan calon pengantin harus dimaksimalkan serta bagaimana pengelolaan keluarga yang baik, untuk membangun keluarga yang ramah anak harus terintegritas dengan baik.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...