Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / KPK Bakal Dibubarkan, Tapi…

KPK Bakal Dibubarkan, Tapi…

gedung kpk

Dalam Focus Group Discussion ‘Penguatan Kejaksaan dalam Konstitusi’ di gedung Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Selasa (7/7), Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal dibubarkan.

Urusan penanganan korupsi di Indonesia akan dikembalikan kepada lembaga penegak hukum konvensional, Kejaksaan dan Kepolisian.

Tapi, lanjut Mahfud, pembubaran KPK tidak dilakukan sekarang. Diperkirakan KPK akan dibubarkan sekitar 25 tahun lagi.

Menurut Mahfud, penanganan korupsi kembali sepenuhnya dikembali ke kepolisian dan kejaksaan. Kalau demikian, maka harus dilakukan penguatan di dua instansi penegak hukum tersebut .

KPK sendiri, kata Mahfud, bisa dibubarkan karena lembaga ini berdiri secara adhoc. KPK dibentuk ketika kejaksaan dan kepolisian dinilai kurang mampu melaksanakan tugas pemberantasan korupsi.

“Ketika dua institusi penegak hukum konvensional itu sudah siap, tentunya KPK dibubarkan dan penanganan korupsi dikembalikan lagi ke kejaksaan atau kepolisian,” ujarnya.

Dalam pengamatan Mahfud, saat ini KPK sudah tidak lagi seperti tahun-tahun lalu. Sejumlah kelemahan di lembaga antirasuah itu sudah ditemukan di sana-sini. Bahkan, sambung Mahfud, bahwa KPK sekarang ini sudah tidak ditakuti lagi.

“Ya seperti yang kita tahu sekarang ini, KPK sudah tidak ditakuti lagi,” imbuhnya.

Di sisi lain, kejaksaan dan kepolisian mulai menunjukkan perbaikan dalam penanganan kasus-kasus korupsi. Jika perbaikan dan penguatan itu terus dilakukan, maka sudah tidak dibutuhkan lagi keberadaan KPK.

Penanganan kasus korupsi, kembali ke Kejaksaan dan Kepolisian.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...